4 Makanan Khas Sumatera Utara

4 Makanan Khas Sumatera Utara – Pernahkah anda berkunjung ke Sumatera Utara? Pastikan anda telah berkeliling kota untuk mencoba kuliner asli daerah tersebut. Pasalnya provinsi ini merupakan salah satu surga kuliner di Indonesia. Maka tak heran jika banyak para pelancong yang bisa menemukan berbagai sajian khas lokal yang mampu menggoyang lidah.

Kekayaan cita rasa dan bumbu asli di Sumatera Utara menjadi alasan mengapa kuliner di sini rasanya sangat enak dan lezat. Selain itu, di kawasan ini kerap dijumpai etnis dan suku yang bertebaran, sehingga menyuguhkan kualitas rasa masakan yang beraneka ragam. Nah, berikut ini adalah makanan khas Sumatera Utara yang bisa dijadikan referensi menarik.

Cicipi Makanan Asli dari Sumatera Utara

1. Kue Pohulpohul

Kue Pohulpohul yang merupakan jajajan asli Sumatera Utara dan terkadang masyarakat sering menyebutnya dengan itak Pohulpohul. Hal ini karena makanan tersebut mempunyai bentuk unik, yakni layaknya kepalan jari dan bahasa lainnya disebut pohulpohul atau kepalan. Adapun bahan untuk membuat adalah tepung beras, tepung ketan, gula merah, gula pasir, vanili bubuk, garam, daun pandan, dan sedikit air. Tentu saja seluruh bahan tersebut sangat mudah dijumpai di pasaran. Kebanyakan pelancong menjadikan kue pohulpohul sebagai buah tangan untuk  keluarga

2. Pelleng

Apakah anda pernah makan pelleng? Makanan khas masyarakat Pakpak, Sumatera Utara tersebut rupanya berupa nasi kuning dengan lauk ayam kampung yang sudah dibumbui. Namun biasanya makanan ini akan dihidangkan saat upacara atau perayaan tertentu seperti membuka ladang, hendak meminang, hingga lulus ujian. Kendati demikian, Pelleng paling cocok untuk dinikmati pada saat pagi hari sebagai sarapan. Untuk membuat makanan pelleng cukup mudah, karena hanya menggunakan bahan seperti beras, air, cabe, garam, kunyit, santan kelapa, dan bumbu dapur lainnya.

3. Dengke Mas na Niura

Setelah anda menikmati Pelleng, kini saatnya untuk mencicipi sajian Dengke Mas na Niura. Makanan khas ini berasal dari Tapanuli yang dulunya hanya dibuat khusus untuk raja, tetapi karena rasanya lezat, semua orang Batak tertarik untuk membuat dan menyantapnya. Apalagi bagi anda yang suka makan daging ikan mentah, maka masakan yang satu ini cocok di lidah anda. Namun ikan mentah tersebut dihidangkan bersama bumbu lengkap, sehingga akan membuat rasa dagingnya jadi lebih enak meskipun tidak dimasak terlebih dahulu.

4. Sambal Tuktuk

Anda suka pedas, cobalah untuk mencicipi sambal khas dari masyarakat Batak Toba. Kuliner ini memiliki keistimewaan tersendiri karena adanya andaliman, yakni bumbu masak yang mudah dijumpai di Sumatera Utara. Pasalnya andaliman seringkali digunakan dalam masakan khas Batak, atau orang luar Pulau Sumatera menyebutnya dengan merica Batak. Namun andaliman tak sepedas lada atau cabai, tapi aroma dan rasa dari bumbunya yang khas. Idetiknya andaliman memiliki wangi jeruk dan rasa yang memberi sensasi kelu di lidah.

Itulah beberapa Makanan Khas Sumatera Barat. Dengan begitu anda wajib mencicipi setiap makanan yang ada di sana. Selain enak, harga yang ditawarkan juga murah bagi kantong anda tentunya.

Subscribe to receive free email updates: