8 Daftar Tempat Wisata Menarik di Kendal yang Bisa Dikunjungi

8 Daftar Tempat Wisata Menarik di Kendal yang Bisa Dikunjungi - Kendal merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang lokasinya berdekatan dengan Semarang yakni berada di sebelah barat. Lokasinya yang cukup dekat dengan Semarang membuat kota Kendal menjadi tujuan wisata alternatif bagi wisatawan yang datang ke Semarang. Kendal memiliki berbagai jenis tempat wisata yang cukup menarik seperti pantai, gunung, air terjun, dan sebagainya. Ini dikarenakan Kendal berbatasan langsung dengan pantai utara Jawa dan memiliki gunung. Jika anda ingin berkunjung ke Kendal, berikut ini adalah list tempat wisata menarik di Kendal yang bisa anda kunjungi bersama teman atau keluarga.

Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Kendal

1. The Sea Pantai Cahaya
Obyek wisata pertama di Kendal yang harus anda kunjungi ketika berwisata ke Kendal adalah The Sea Pantai Cahaya. Pantai yang satu ini memang sangat terkenal di Kendal dan sekitarnya. Ini dikarenakan pantai Cahaya memiliki pesona pantai yang menawan dengan pemandangan sunset yang sangat indah. Pantainya memiliki air yang cukup jernih berwarna kebiruan sehingga menambah keindahan pantai ini. Selain itu, The Sea Pantai Cahaya memiliki berbagai wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Wahana hiburan tersebut antara lain adalah water park, wahana permainan anak, rekreasi pantai, pentas lumba-lumba, panggung hiburan, dan juga kebun binatang mini dengan berbagai macam satwa. Tentunya dengan adanya fasilitas ini membuat Pantai Cahaya semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
The Sea Pantai Cahaya

Apabila wisatawan ingin menikmati keindahan pantai, di pinggir pantai sudah tersedia gazebo yang bisa digunakan sehingga wisatawan tak perlu berpanas-panasan, tinggal duduk manis sambil menikmati kuliner yang ada. Nah, jika anda tertarik untuk mengunjungi The Sea Pantai Cahaya, silakan datang ke Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

2. Pantai Ngebum
Pantai lain yang bisa anda kunjungi ketika berwisata ke Kendal adalah Pantai Ngebum yang berada di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal. Kalau dilihat dari namanya, nama pantai ini sama seperti nama salah satu pantai di Kabupaten Pekalongan. Pantai Ngebum sendiri memiliki keindahan yang tak kalah menarik dari pantai lainnya di Kabupaten Kendal.
Pantai Ngebum

Hamparan pasir berwarna kecoklatan serta ombak pantai yang relatif tenang membuat pantai ini cukup nyaman dikunjungi. Wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan menarik di pantai ini seperti bermain pasir, olahraga, atau berenang di pantai. Di sekitar pantai juga tersedia sarana penyewaan pelampung untuk anak-anak sehingga untuk anda yang membawa anak tetap bisa mengajari anak anda berenang di pantai.

3. Pantai Jomblom
Pantai lainnya di Kendal yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Jomblom yang berlokasi di Desa Margorejo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal. Pantai ini hampir sama dengan pantai pada umumnya di Pantai Utara Jawa yakni memiliki ombak yang tidak terlalu besar dengan pantai yang cukup landai.
Pantai Jomblom

Yang membedakan Pantai Jomblom dengan pantai lainnya adalah terdapat hutan mangrove atau bakau di sekitar pantai. Tanaman bakau ini berguna untuk mengatasi ombak yang besar di pantai sehingga abrasi dapat dicegah. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jomblom juga dapat memancing ikan karena terdapat cukup banyak ikan di sekitar pantai ini.

4. Pantai Sendang Sikucing
Ada satu lagi pantai di Kendal yang bisa menjadi alternatif wisata yaitu Pantai Sendang Sikucing. Lokasi pantai ini cukup dekat dengan pantai Cahaya sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Pemandangan yang ada di Pantai Sendang Sikucing juga tak kalah dengan pantai Cahaya karena lokasinya yang berdekatan.
Pantai Sendang Sikucing

Di pantai ini, wisatawan dapat menikmati sunset atau matahari terbenam sambil duduk manis di bibir pantai. Ombak pantai yang cukup tenang memungkinkan wisatawan untuk berenang di pantai. Fasilitas yang tersedia di Pantai Sendang Sikucing juga cukup lengkap seperti tempat makan dan juga kamar bilas sehingga membuat wisatawan semakin nyaman dan betah berlama-lama di pantai ini.

5. Curug Sewu
Bagi anda yang ingin mencari wisata alam di Kendal, mungkin Curug Sewu adalah alternatif terbaik yang bisa anda kunjungi. Curug sewu merupakan sebuah air terjun di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal yang cukup unik dan indah. Curug ini merupakan curug dengan debit air paling tinggi di Jawa Tengah. Selain debit airnya yang sangat tinggi, Curug Sewu juga memiliki beberapa tingkat sehingga semakin meningkatkan daya tarik curug ini di mata wisatawan.
Curug Sewu

Untuk sampai ke air terjun, wisatawan harus melewati jalan setapak terlebih dahulu dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Sesampainya di air terjun, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah yang terdiri dari beberapa air terjun. Selain airnya yang segar dan udaranya yang sejuk, Curug Sewu juga memiliki fasilitas yang memadai seperti terdapat kebun binatang mini dan juga panggung hiburan untuk wisatawan. Tentunya dengan adanya fasilitas penunjang ini wisatawan akan semakin betah berlama-lama berada di tempat wisata dan dapat menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata di Kendal.

6. Curug Semawur
Nah, curug yang satu ini wajib anda kunjungi jika anda menyukai hal yang baru. Curug Semawur merupakan curug perawan yang berada di Kendal. Disebut perawan karena curug ini masih sepi pengunjung sehingga sangat cocok dikunjungi bagi anda yang ingin mencari ketenangan atau inspirasi.
Curug Semawur

Surga tersembunyi di Kendal ini terletak di Desa Blumah, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, tentu air terjun ini masih sangat alami dengan air yang sangat jernih serta terbebas dari sampah. Air terjun Semawur memiliki keunikan yaitu air terjunnya terdiri dari 8 tingkat. Untuk anda yang hobi foto selfie atau hunting foto, air terjun ini adalah lokasi yang sangat sayang untuk dilewatkan.

7. Bukit Seloarjuno
Jika anda sedang mencari tempat wisata di Kendal yang sedang hits, datanglah ke Bukit Seloarjuno yang berlokasi di Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Di bukit ini, anda bisa menikmati pemandangan Kendal dari atas dengan panorama yang luar biasa. Di Bukit Seloarjuno terdapat berbagai batuan cukup besar yang menambah indah pemandangan.
Bukit Seloarjuno

Anda bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai spot selfie untuk diupload ke Instagram. Namun ketika anda sedang berada di atas bukit, tetaplah berhati-hati karena apabila tergelincir anda bisa terbentur batuan atau bahkan jatuh ke jurang. Jadi tetap utamakan keselamatan ketika berada di atas Bukit Seloarjuno.

8. Agro Wisata Ngebruk Patean
Tempat wisata di Kendal yang satu ini merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di Kendal dan sekitarnya. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Plantera Fruit Paradise Ngebruk dan Argo Wisata Kebun Ngebruk. Seperti namanya, Argo Wisata Ngebruk Patean membudidayakan aneka buah-buahan dengan kualitas rasa yang tak diragukan.
Agro Wisata Ngebruk Patean

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat menikmati aneka buah seperti durian, kelengkeng, buah naga, melon, semangka, dan lainnya. Di tempat ini juga tersedia fasilitas mobil wisata yang akan mengantarkan wisatawan untuk keliling di kebun yang luasnya 234 hektar. Argo Wisata Ngebruk Patean dapat menjadi destinasi wisata bagi keluarga karena disini wisatawan bisa mengajari anak tentang budidaya tanaman.

Itulah beberapa list tempat wisata menarik di Kendal yang bisa anda kunjungi ketika berlibur di Kendal. Semoga dengan mengetahui beberapa tempat wisata tersebut, anda jadi lebih mudah untuk mendapatkan referensi tempat wisata di Kendal yang indah dan menarik.

Subscribe to receive free email updates: