7 Daftar Tempat Wisata di Pemalang yang Terbaik

7 Daftar Tempat Wisata di Pemalang yang Terbaik - Pemalang adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di bagian utara pulau Jawa. Letaknya yang berbatasan langsung dengan pantai membuat Pemalang memiliki banyak tempat wisata pantai. Selain itu, Pemalang juga memiliki tempat wisata lainnya yang tak kalah indah seperti air terjun dan juga wisata alam lainnya. Letaknya yang berada dekat dan dilalui jalur pantura membuat Pemalang menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan yang sedang melintas. Jika anda akan berwisata ke Pemalang dan butuh rekomendasi tempat wisata yang ada di sana, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Pemalang yang bisa anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Pemalang

1. Pantai Widuri
Pemalang memiliki pesona wisata pantai yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Di Pemalang sendiri terdapat beberapa pantai yang cukup terkenal oleh wisatawan, salah satunya adalah Pantai Widuri yang lokasinya berada tak jauh dari pusat kota Pemalang. Pantai Widuri berada kurang lebih sekitar 3 kilometer saja dari kota Pemalang ke arah utara. Lokasinya yang cukup dekat serta akses jalan yang mudah ditempuh membuat pantai ini ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar daerah.
Pantai Widuri

Daya tarik lain daripantai ini adalah pemandangan pantai yang tak kalah indah dengan pantai lainnya. Seperti pantai pada umumnya di utara Jawa, Pantai Widuri memiliki ombak yang cukup tenang dengan hamparan pasir berwarna putih bersih. Selain itu, pemandangan sunrise dan sunset di pantai ini adalah pemandangan yang selalu dinantikan oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Selain memiliki pemandangan yang indah, Pantai Widuri juga memiliki berbagai fasilitas yang memadai seperti kamar mandi, kolam renang, aneka warung kuliner, dan berbagai wahana permainan untuk anak. Kedepannya, pantai ini akan memiliki water boom yang tentunya akan membuat pantai ini semakin menarik dan ramai dikunjungi.

2. Pantai Blendung
Bagi anda yang ingin mencari ketenangan dan menghilangkan stress, cobalah untuk datang ke Pantai Blendung yang berlokasi di Desa Blendung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Pantai ini adalah salah satu pantai di Pemalang yang masih cukup sepi pengunjung. Karena pantainya yang masih sepi, tentu anda dapat menghilangkan stress dan mencari ketenangan di pantai ini. Meskipun pantainya masih sepi, bukan berarti pantai ini tidak bagus. Pemandangan pantai ini juga cukup menawan dengan ombak yang tidak besar. Pantainya yang bersih jauh sampah akan membuat wisatawan merasa betah.
Pantai Blendung

Di Pantai Blendung, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bermain pasir, berenang, olahraga, dan lainnya. Karena masih sepi pengunjung dan tidak dikelola, pantai ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.

3. Pantai Joko Tingkir
Satu lagi pantai di Pemalang yang bisa anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Pemalang. Namanya adalah Pantai Joko Tingkir yang terletak di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Pemalang. Pantai ini juga cukup sepi pengunjung sehingga bisa menjadi alternatif lainnya untuk anda selain Pantai Blendung. Sama seperti halnya pantai lain, ombak di Pantai Joko Tingkir juga cukup tenang sehingga wisatawan dapat berenang di sekitar pantai.
Pantai Joko Tingkir

Selain itu, Pantai Joko Tingkir memiliki banyak pepohonan di sekitar pantai sehingga wiatawan dapat berteduh di bawah pohon sambal menikmati pemandangan pantai. Tidak seperti di Pantai Blendung, Pantai Joko Tingkir memiliki beberapa warung makan yang berderet. Jadi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa menyantap makanan di warung-warung yang tersedia.

4. Hutan Mangrove Mojo
Buat anda wisatawan muda yang hobi selfie dan hunting foto, ada salah satu tempat wisata di Pemalang yang cukup hits yakni Hutan Mangrove yang berada di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Pemalang. Di tempat ini, wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan hutan bakau yang memukau dan instagramable. Anda bisa berfoto dengan latar belakang hutan mangrove dan juga air laut karena hasilnya akan sangat memuaskan.
Hutan Mangrove Mojo

Selain sebagai tempat wisata, hutan mangrove ini juga bisa digunakan untuk sarana edukasi bagi anak-anak agar menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon bakau. Sekedar informasi, luas hutan bakau ini mencapai 410 hektar, sedangkan 1940 hektar digunakan untuk tambak bagi nelayan. Jadi jika ditotal, maka luas keseluruhan hutan bakau ini mencapai 2350 hektar. Hutan bakau ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi yang disebabkan air laut.

5. Curug Sibedil
Di Pemalang, ada beberapa tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan air terjun super keren. Salah satu air terjun di Pemalang yang masih sangat alami dan indah adalah Curug Sibedil. Curug ini berada di Desa Sima, Kecamatan Moga, Pemalang dengan ketinggian air terjun mencapai 20 meter. Airnya yang sangat jernih serta sekeliling air terjun yang dikelilingi pepohonan membuat pesona air terjun Sibedil semakin menarik bagi wisatawan.
Curug Sibedil

Kolam air terjun di Curug Sibedil juga cukup besar sehingga bisa digunakan untuk berenang dan bermain air. Airnya yang segar dan dingin membuat tubuh menjadi segar kembali setelah melakukan perjalanan. Dinamakan Curug Sibedil karena terdapat sebuah batu cukup besar di dekat air terjun yang bentuknya mirip senapan atau bedil dalam Bahasa Jawa. Namun ada juga mitos yang berkembang di masyrakat bahwa dinamakan Curug Sibedil karena setiap malam jumat sering terdengar suara tembakan.

6. Curug Dhuwur
Curug Dhuwur ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi di Pemalang yang wajib anda kunjungi. Air terjun yang berlokasi di Dusun Karangpucung, Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Pemalang ini masih sangat sepi pengunjung. Selain karena kalah terkenal dengan tempat wisata lainnya, curug ini juga letaknya cukup tersembunyi sehingga jarang wisatawan yang mengetahui lokasi ini.
Curug Dhuwur

Karena lokasinya cukup tersembunyi, tentu air terjun disini masih sangat alami dan memiliki air yang sangat jernih dan segar. Selain itu, tempatnya juga sangat bersih dan tidak ada sampah yang berserakan di sekitar air terjun. Wisatawan dapat menikmati air terjun dengan memandanginya dari dekat atau dengan berenang di kolam air terjun.

7. Sungai Comal
Sungai Comal merupakan sungai besar yang melintasi Kabupaten Pemalang. Arus Sungai Comal yang cukup deras kini dimanfaatkan sebagai wisata rafting yang memacu adrenalin. Meskipun belum lama dibuka, namun wisata rafting di Sungai Comal cukup ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan dan hari libur.
Sungai Comal

Wisatawan akan menyusuri Sungai Comal dengan arus yang bervariasi. Jika anda berminat untuk menikmati sensasi menyusuri Sungai Comal, silakan datang ke Jl. Raya Randudongkal-Moga, km 5 no. 99 Desa Kecepit, Kecamatan Randudongkal, Pemalang.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Pemalang yang bisa anda kunjungi. Dengan mengetahui beberapa rekomendasi tempat wisata tersebut, anda tidak akan kesulitan mencari tempat wisata di Pemalang.

Subscribe to receive free email updates: