5 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi – Jember adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Keberadaanya yang cukup strategis sehingga banyak pengunjung berdatangan ke kota ini. Apalagi luas daerah tersebut hingga mencapai  3.293.34 km persegi yang terbilang cukup luas, di antara kabupaten lain. Maka tak heran jika penduduk Jember lumayan banyak.

Sebagai kota yang terkenal dengan daerah penghasil tembakau di Indonesia. Rupanya Kota Jember tidak kehilangan pesonanya akan pariwisata alam yang melimpah. Bukan hanya didukung dari segi geografis saja, namun juga telah mendapat dukungan infrastruktur yang memadai untuk menunjang kegiatan wisata. Inilah tempat wisata di Jember yang wajib dikunjungi.

Destinasi Wisata Untuk Dikunjungi Saat di Jember

1. Tujuh Air Terjun Rowosari
Tujuh Air Terjun Rowosari

Keberadaan Tujuh Air Terjun Rowosari yang berada di Desa Rowosari, Kecamatan Sumber Jambe, Kabupaten Jember atau tepatnya di lereng Gunung Raung. Lokasi air terjun ini memang masih sangat alami sehingga cocok untuk dijadikan tempat menenangkan diri. Keunikan dari tempat wisata ini adalah adanya Tujuh Air Terjun yang berbeda-beda. Sayangnya masoh belum ada fasilitas dan sarana yang memadai untuk mengunjungi wisata.

2. Bukit Watu Pecah Ambulu  
Bukit Watu Pecah Ambulu

Bukit Watu Pecah Ambulu yang salah satu puncaknya terdapat batu besar dan membelah diri. Suasana bukit ini sangat sejuk yang mampu membuat pengunjung betah berlama-lama, dan jika dari puncak batu maka bisa melihat keindahan Kota Ambulu. Ada hal menarik di kawasan wisata yakni terdapat hotel kecil yang cukup elegan dengan konsep tempoe dulu bernama Rumah Kampung Boutique Guesthouse dengan fasilitas kolam renang.

3. Wisata Alam Muara Mangrove Getem
Wisata Alam Muara Mangrove Getem

Wisata Alam Muara Mangrove Getem memang dikelola secara swadaya oleh Pokmaswas Bahari Lestari. Karena itulah, Ekowisata Tubing Mangrove Getem menjadi media edukasi wisata yang berbasis lingkungan. Hal ini karena setiap orang memilik kewajiban untuk turut serta menanam Bakau di Rawa Getem tersebut. Namun untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini hanya diperbolehkan 80 wisatawan saja yang bisa menikmati keindahan alam.

4. Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri

Selanjutnya adalah Taman Nasional Meru Betiri yang letaknya di Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Jember. Taman Nasional  tersebut memiliki luas hingga 50.000 hektar. Di kawasan inilah para wisatawan dapat berpetualang mulai dari menjelaha hutan hingga bermain-main di pantai. Ada pantai-pantai di Taman Nasional Meru Betiri ini yang masih perawan dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Selain memiliki pemandangan yang indah, asri dan alami, taman nasional ini termaskuk habitat tumbuhan langka.

5. Pantai Papuma
Pantai Papuma

Satu lagi Pantai Papuma menyuguhkan hamparan pasir berwarna putih yang sangat menakjubkan. Tak hanya itu, terdapat batu-batu hijau, hitam dan putih beraneka ragam yang terhampar di sisi barat Pantai Papuma. Bahkan lingkungan yang tenang dengan semilir anginnya serta deburan ombak membuat ketenangan jiwa. Di pantai ini juga terdapat aneka ragam flora dan fauna mulai dari kicauan burung, celoteh monyet, warna-warni serangga yang mampu menjadi pelengkap tumbuhan khas pantai.

Subscribe to receive free email updates: