8 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Wajib Dikunjungi – Mungkin akan terlintas di benak anda jika Blitar identik dengan makam Bung Karno. Iya, memang daerah Blitar merupakan tempat kelahiran Bung Karno, sehingga terdapat makan beliau yang cukup fenomenal. Namun taukah anda jika ada selain wisata Makam Bung Karno di Blitar?

Selain terkenal akan ragam kuliner dan toko-toko suvenir sebagai destinasi wisata, Kota Blitar juga memiliki tempat wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya seperti Penangkaran Rusa Maliran, Angrowisata Karangsari, hingga kawasan pantai. Untuk selengkapnya berikut tempat wisata Blitar yang waji dikunjungi.

Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Layak Disambangi 

1. Penangkaran Rusa Maliran
Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran Rusa Maliran merupakan salah satu tempat wisata di Blitar sebagai bersantai dengan keluarga. Kawasan wisata ini berada di Kecamatan Pongok, Kabupaten Blitar. Ketika sampai di tempat wisata ini anda akan menjumpai 200 ekor rusa yang berkeliaran secara bebas. Tak hanya itu, di penangkaran ini juga tersedia taman bermain gazebo dan keberadaan warung makan yang menyajikan beragam menu khas Blitar.

2. Agrowisata Karangsari
Agrowisata Karangsari

Agrowisata Karangsari memang terkenal dengan buah belimbingnya. Namun buah belimbing di sini memiliki rasa yang berbeda karena lebih segar dan manis. Sebetulnya ada dua jenis belimbing yang dibudidayakan, yakni belimbing Filipina dan belimbing Bangkok. Untuk bisa menikmati buah belimbing yang berwarna kuning ini, cobalah bertandang ke Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo. Selain buah belimbing ada pula oleh oleh berbahan belimbing, seperti sirup dan keripik.

3. Pantai Tambakrejo
Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Blitar. Keberadaanya hanya berjarak 30 kilometer atau tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Di  kawasan pantai ini para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pasir putuh dan gelombang ombak biru yang menawan. Tak hanya bermain-main di pantai dan berenang di tepian, pengunjung juga bisa membeli ikan segar di pelelangan ikan.

4. Arung Jeram Soko
Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko yang menawarkan tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Arung jeram yang satu ini berada di Kabupaten Blitar. Hanya melalui tempat wisata tersebut, wisatawan bisa menelusuri sungai sepanjang sembilan kilometer dengan tingkat kesulitas grade yang beragam. Maka dari itu, bagi anda para pemula dalam melakukan arung jeram, memungkinkan tempat wisata ini cocok untuk anda sambangi.

5. Gua Embultuk
Gua Embultuk

Satu lagi Gua Embultak yang hanya berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Blitar. Gua ini memiliki panjang sekitar 1.500 meter dengan lebar 3 meter. Jika berkunjung ke gua tersebut anda akan menjumpai pesona stalakmit dan stalaktit di Blitar. Namun anda harus menggunakan alat penerang karena gua tersebut sangat gelap. Bahkan harus pula  membawa pakaian ganti untuk menghindari udara yang lembab. Ketika musim liburan tiba, biasanya Gua Embultuk ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kalangan.

6. Pantai Jolosutro
Pantai Jolosutro


Blitar juga memiliki destinasi pantai lainnya yang menawan, yaitu Pantai Jolosutro yang merupakan pantai dengan ombaknya yang besar. ganasnya ombak laut selatan merupakan pilihan tepat khususnya anda yang suka berselancar. Selain ombaknya yang besar, pasir pantai yang putih bersih menjadikan destinasi liburan ini kian menarik untuk dikunjungi, yang lokasinya di Kecamatan Wates, Blitar.

7. Pantai Pangi
Pantai Pangi


Lokasinya di Dusun Kranjan, Bakung sekitar 90 menit perjalanan dari pusat kota. Destinasi wisata pantai ini memiliki pemandangan pulau karang yang terdapat di lepas pantainya. Selain itu, deburan ombaknya yang besar dengan suasananya yang masih sepi merupakan lokasi terbaik bagi anda yang mencari tempat liburan untuk menyepi dari rutinitas. Pasir pantai yang putih merupakan daya tarik lain yang terdapat di Pantai Pangi ini yang siap menambah kesan liburan anda.

8. Desa Wisata Semen Blitar
Desa Wisata Semen Blitar

Berlibur ke alam ekologis ternyata bisa anda dapati di Blitar tepatnya di Desa Wisata Semen Blitar yang memiliki pemandangan alam khas pedesaan yang eksotis. Destinasi liburan ini merupakan kampung dengan suasana alam hijau dengan gazebo yang penuh bunga anggrek, yang akan menyambut kedatangan anda. desa wisata ini, terdiri atas 4 lokasi yaitu Dusun Parang, Dusung Tegalrejo, Dusun Dewi dan Dusun Semen. 

Itulah, 8 tempat wisata di Blitar yang layak dikunjungi selain Makam Bung Karno. Semoga bisa menjadi referensi terbaik saat berwisata.

Subscribe to receive free email updates: