8 Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Indah

8 Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Indah – Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu tujuan wisata menarik saat berada di Jawa Tengah. Pasalnya kabupaten ini menyimpan banyak objek wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya. 

Hanya saja para pelancong Indonesia masih belum tahu keberadaan Wonogiri, karena memang terlihat sepi pengunjung. Padahal jika ditelusuri Wonogiri mampu menyuguhkan keindahan wisatanya.

Ada kalanya anda menambahkan Kabupaten Wonogiri sebagai daftar referensi liburan di akhir pekan nanti. Hal ini karena sayang jika dilewatkan begitu saja, lantaran wilayah geografis yang berbatasan langsung dengan pegunungan karst dengan sejuta pesona. Nah, beberapa tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang indah adalah sebagai berikut.

Objek Wisata Terindah Yang Ada di Wonogiri


1. Pantai Nampu
Pantai Nampu merupakan pantai yang terdapat antara pertemuan air antara air tawar dan air laut. Keberadaan pantai ini memang identik dengan batu karang yang indah dan pasir putihnya. Pantai Nampu sendiri berada  di Desa Gudangharjo kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri. 
Pantai Nampu Gudangharjo

Keindahan pantai tersebut terbesit dari suguhan dengan air laut cukup tenang dan kondisi pantai yang masih alami dan bersih karena jarang ada pengunjung.

2. Pantai Sembukan
Pantai Sembukan yang menyuguhkan deburan ombak cukup kencang, lantaran pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera. Adapun ciri khas pantai ini berupa batuan karang maupun pasir putih yang super indah. 
Pantai Sembukan

Konon di kawasan Pantai Sembukan seringkali dijadikan sebagai tempat ngalap berkah dan bermeditasi bagi penduduk sekitar. Bahkan pada waktu tertentu, di pantai tersebut kerap diadakan acara wayangan dan larung saji.

3. Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu waduk yang menjadi ikon wisata dari Kabupaten Wonogiri. Waduk ini memiliki luas hingga 8800 Ha yang mampu mengairi ribuan hektar sawah di beberapa kabupaten seperti Sragen, Klaten, Karanganyar, dan Sukoharjo. 
Waduk Gajah Mungkur

Di kawasan tempat wisata tersebut, anda bisa menikmati hamparan air jernih yang lengkap dengan pepohonan hijau. Selain itu, bisa menyewa perahu untuk berkeliling waduk.

4. Goa Putri Kencono
Goa Putri Kencono yang terletak di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro bisa ditempuh hanya 40 km dari pusat Kota Wonogiri. Saat memasuki goa ini, anda akan melihat keindahan dari ukiran alam berupa stalagtit maupun stalagmit di bagian dinding goa. 
Goa Putri Kencono

Goa yang luasnya sekitar 1.000 m ini juga menyambung ke tempat lain melalui jalan tembusnya. Dimana terdapat banyak perbukitan yang di dalamnya menyimpan goa-goa alam.

5. Wisata Setren Girimanik
Satu lagi tempat wisata indah di Wonogiri yang tempatnya di Desa Setren, Girimanik, Kecamatan Slogohimo. Wisata Setren Girimanik menyuguhkan perpaduan udara yang sejuk dan panorama air terjun yang menyegarkan. 
Wisata Setren Girimanik

Menariknya lagi, anda bisa menjelajah tiga air terjun sekaligus, yakni air terjun Manik Moyo dengan ketinggian 70 meter, air terjun Tinjo Moyo yang memiliki tinggi 30 meter, serta air terjun Condromoyo.

6. Air Terjun Binangun Watu Jadah
Air Terjun Binangun Watu Jadah

Wisata pantai di Wonogiri yang menawarkan pesona alamnya cukup menakjubkan. Lokasinya yang sedikit tersembunyi sehingga jarang dijamah akan wisatawan, apalagi minimnya petunjuk arah dan akses jalan yang cukup sulit. Keberadaanya di sebuah Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Wonogiri. Perjalanan yang ditempuh tentu akan membuat anda berpetualang ke alam. Semua rasa lelah anda akan terbayar dengan guyuran air terjun yang deras. Di situlah anda bisa bermain-main di kubangan air terjun yang menyegarkan.

7. Alas Kethu
Alas Kethu

Alas Kethu yang menyuguhkan wisata alam yang beragam, mulai dari hutan jati, kayu putih dan mahono yang rindang. Alas Kethu sendiri letaknya di jantung Kota Wonogiri  dan hawanya sejuk. Biasanya tempat wisata ini kerapkali menjadi lokasi syuting yang membutuhkan adegan di sebuah hutan rindang. Tentu saja berwisata ke Alas Kethu sangat menyenangkan untuk menghilangkan penat setelah beraktifitas selama seminggu. Alas Kethu juga memberikan pengalaman wisata alam sangat menawan dan menakjubkan.

8. Bukit Cumbri
Bukit Cumbri


Selanjutnya adalah Bukit Cumbri yang sayang dilewatkan begitu saja, lantaran belakangan ini menjadi terkenal akibat foto-foto pemandangan bukit yang viral di sosial media. Bukit Cumbri juga kerap dijadikan spot terbaik untuk melihat sunrise ataupun sunset. Meskipun demikian, anda harus menguras tenaga karena perjalanan cukup jauh. Dimana mendaki bukit ini memakan waktu 1 jam dengan kondisi jalan terjal dan jalannya licin. Sebetulnya terdapat 3 jalur pendakian yang bisa anda pilih yakni, Pintu Barat, Pintu Tengah dan Pintu Timur.

Demikian sekilas info pariwisata yang ditunjukan dari Kabupaten Wonogiri. Tentu saja keindahan objek alam tersebut mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung. 

Subscribe to receive free email updates: