5 Tempat Wisata Di Sragen Yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Di Sragen Yang Wajib Dikunjungi – Sragen adalah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Keberadaanya memang tak jauh dari Kota Solo yang hanya berjarak 30 km. Sebagai daerah yang mendapat julukun Bumi Sukawati juga dikenal akan situs prasejarah di Desa Sangiran. Maka dari itu, di desa tersebut didirikan museum benda bersejarah yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Seperti yang kita tahu bahwa Kabupaten Sragen hampir sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Timur. Hal tersebut memungkinkan banyak dilalui para pejalan dari manapun, sehingga menjadi kesempatan bagi ladang pariwisata. Ada baiknya, mampir di beberapa tempat wisata di Sragen berikut ini yang sayang dilewatkan.

Wisata Sragen Yang Layak Disambangi


1.Pemandian Air Panas Bayanan
Pemandian Air Panas Bayanan merupakan wisata kesehatan yang dipadukan dengan ekowisata atau wisata alam. Keberadaan tempat wisata ini di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Jawa Tengah. 
Pemandian Air Panas Bayanan

Konon saat berendam di air panas Bayanan akan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan vitalitas tubuh, memulihkan kebugaran tubuh, hingga  memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot.

2. Waduk Kedung Ombo
Waduk Kedung Ombo adalah waduk buatan yang dibuat dari bendungan raksasa dengan luas mencapai 6.576 hektar. Bahkan area luasnya mencakup sebagian dari 3 Kabupaten, yakni Sragen, Grobogan, dan Boyolali. 
Waduk Kedung Ombo

Sebenarnya waduk tersebut  membendung 5 sungai dengan wilayah perairan seluas 2.830 ha. Di sinilah anda bisa menikmati wisata air, seperti berkeliling waduk menggunakan perahu atau cukup menyaksikan matahari terbenam. 

3. Desa Wisata Batik Kliwonan
Desa Wisata Batik Kliwonan memang sudah ditunjang dengan sarana publik maupun infrastruktur yang memadai. Ketika menuju ke Desa Wisata, anda akan disuguhkan hamparan persawahan dan rumah penduduk yang tertata rapi di sepanjang jalan. 
Desa Wisata Batik Kliwonan

Barulah setibanya, anda bisa melihat langsung bagaimana proses membatik, mulai dari pewarnaan, pemberian motif, penjemuran, pelapisan, hingga pembatikan. Bahkan para wisatawan bisa menginap di rumah sebagai homestay.

4. Museum Sangiran
Museum Sangiran terletak di dalam Kubah Sangiran, tepatnya di Depresi Solo, kaki Gunung Lawu  atau sekitar 17 km dari Kota Solo.  Museum tersebut termasuk situs fosil manusia purba terlengkap di dunia. 
Museum Sangiran

Adapun luas dari Museum hamir 56 kilometer persegi yang meliputi 3 kecamatan di Kabupaten Sragen. Bangunan museum ini bergaya Joglo yang  terdiri dari Ruang Pameran, Ruang Laboraturium, Ruang Pertemuan dan lain sebagainya.

5. Taman Dayu Alam Asri
Satu lagi tempat wisata yang wajib dijelah saat berada di Sragen adalah Taman Dayu Alam Asri. Kawasan wisata keluarga ini terletak di Desa Dayu dan memiliki luas sekitar 5 hektare. 
Taman Dayu Alam Asri

Berbagai wahana hiburan maupun permainan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa bisa anda jumpai di sini. Selain itu ada pula kebun binatang mini, agrowisata, outbond, kolam renang hingga resort yang cukup memadai dan lengkap.

Bagaimana, anda berminat mengisi akhir pekan ini ke Kabupaten Sragen. Pastikan anda memboyong keluarga maupun teman-teman agar liburan anda semakin seru dan mengesankan. Selamat berlibur. 

Subscribe to receive free email updates: