Beberapa Objek Wisata Yang Menarik di Kudus dan Sekitarnya

Beberapa Objek Wisata Yang Menarik di Kudus dan Sekitarnya – Kudus merupakan kota penghasil rokok terbesar yang berada di Jawa Tengah. Bukan hanya itu, kota ini termasuk pusat perkembangan islam pada abad pertengahan. Hal tersebut dibuktikan dari penemuan tiga makam wali atau sunan di Kota Kudus, seperti Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Maka tak heran jika Kudus justru lebih sering dijuluki sebagai Kota Santri.

Wilayah Kudus sendiri memiliki luas hingga 42.516 hektar dan berbatasan langsung dengan Pati, Jepara, Grobogan, dan Demak. Di samping itu, Kudus menyimpan tempat wisata bersejarah dan wisata alam yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Beberapa objek wisata yang menarik di Kudus dan sekitarnya adalah sebagai berikut.

Daftar Objek Wisata Menarik di Kudus


1.Waterboom Mulia Wisata
Waterboom Mulia Wisata berada di Jalan Kidus-Colo, tepatnya di Desa Lau, Kecamatan Bae, KabupatenKudus. Wahana ini berdiri belum lama di sekitar tahun 2011 lalu dan menawarkan berbagai permainan seru. Beberapa di antaranya seperti kolam arus, ember besar dan kolam renang standar. 
Waterboom Mulia Wisata

Namun ada pula wahana lain yang bisa dicoba yakni ATV atau tempat pemancingan. Dari fasilitas sudah disediakan warung makan dan mini market.

2. Museum Kretek
Museum Kretek merupakan ikon wisata dari Kota Kudus yang wajib dikunjungi wisatawan. Keberadaanya tidak jauh dari pusat kota atau sekitar 3 km arah selatan Kudus, tepatnya di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus. 
Museum Kretek Kudus

Saat tiba di Museum Kretek, anda akan menyaksikan berbagai peralatan dan mesin tradisional untuk pembuatan rokok kretek pada jamannya, serta melihat diorama proses penanaman dan pengolahan bahan baku rokok.

3. Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus
Bangunan yang terbuat dari tumpukan batu bata bisa anda lihat saat berkunjung ke Menara Kudus. Sementara itu, bagian atapnya berbentuk limas yan berbahan dasar kayu. Uniknya bangunan tersebut didekorasi secara bertingkat-tingkat dan ada bagian keramik yang membentuk piring ditempel yang konon berasal dari Tiongkok. 
Makam Sunan Kudus

Menara Kudus tersebut terletak di depan Masjid Al Aqsha, bangunan tersebut masih dimanfaatkan untuk beribadah.

4. Rahtawu
Rahtawu adalah sebuah nama desa yang terletak di lereng Gunung Muria, tepatnya di Kecamatan Gebog. Sebenarnya keberadan Rahwatu di kawasan ketinggian sekitar 1.627, sehingga suasana yang dihadirkan begitu sejuk dan segar. 
Desa Wisata Rahtawu

Bukan hanya itu, anda bisa memandangi panorama pengunungan alam saat hendak menuju ke Desa Rahwatu. Anda pun bisa mencoba mandi di sungai jernih dan mengunjungi bangunan pertapaan Rahwatu. 

5. Mata Air Tiga Rasa Rejenu dan Air Terjun Gonggomino
Mata Air Tiga Rasa lebih dikenal dengan sebutan Rejenu yang berada di Desa Japan Utara. Air terjun yang satu ini memiliki tiga rasa yang berbeda-beda dan berasal dari mata air pegunungan. 
Air Terjun Rejenu

Maka jangan heran jika benar adanya air terjun tersebut mampu mengeluarkan rasa berbeda karena keluar dari tiga cekungan berbeda dari pegunungan. Anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Gonggomino yang masih satu kawasan dengan Air Terjun Rejenu .

Subscribe to receive free email updates: