10 Tempat Wisata Di Belanda Yang Menarik

10 Tempat Wisata Di Belanda Yang Menarik. Pada kesempatan kali ini brrrwisata akan memberikan informasi seputar 10 (sepuluh) tempat wisata yang berada di suatu Negara di Eropa, yaitu Negara Belanda. Negara yang terkenal dengan Kincir Angin-nya dan salah satu Negara penghasil keju terbesar di Dunia. Tidak heran jika banyak pelancong dari Asia, Eropa sendiri ataupun Indonesia yang berkunjung ke Negeri Holland ini.

Sebagai Negara Maju, Belanda memiliki banyak tempat tujuan wisata yang menarik. Dari sekian banyak tempat wisata di Belanda, terdapat 10 diantaranya yang akan dibahas di artikel ini. Mari kita simak bersama dibawah ini :
1. The Canals Of Amsterdam

The Canals of Amsterdam merupakan kanal-kanal yang banyak terdapat di Kota Amsterdam, Belanda. Panjang kanal tersebut mencapai lebih dari 100 km yang saling terhubung, dimana disekitarnya terdapat 90 pulau kecil dan sekitar 1.500 jembatan kecil. Terdapat 3 kanal utama yang dibuat pada abad ke 17 saat jaman keemasan Belanda.
Prinsengracht (image: Diliff)
Beberapa kanal seperti Prinsengracht, Keizersgracht, Herengracht dan Jordaan bahkan tercatat sebagai Wisata Warisan Dunia oleh UNSECO. The Canals of Amsterdam ini merupakan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di daerah sekitar Kanal-kanal ini.

2. Rijksmuseum Amsterdam

Rijksmuseum merupakan museum nasional yang berada di Kota Amsterdam, Belanda. Museum ini dibuat sebagai tempat koleksi sejarah dan seni. Letak dari Rijksmuseum ini berada di Museum Square di Selatan Amsterdam. Letaknya dekat dengan Museum Van Gogh.
Rijskmuseum (image: marco.almbauer)
Rijksmuseum pertama kali di temukan di The Hague pada tahun 1800 lalu di pindahkan ke Amsterdam pada tahun 1808. Dimana awalnya terletak di Royal Palace, namun dipindah ke Trippenhuis. Bangunan ini di desain oleh Pierre Cuypers. Bangunan ini pertama kali di buka untuk umum pada tahun 1885. Museum ini memiliki koleksi barang sejarah dan seni sekitar 1 juta benda, namun yang di pajang pada museum sekitar 8.000 benda saja.

3. Museum Van Gogh

Museum Van Gogh merupakan museum karya seni yang berisikan hasil karya dari Vincent Van Gogh dan seniman-seniman yang ada pada saat itu. Letak museum ini terdapat di Kota Amsterdam, tepatnya berada di Museum Square Selatan Amsterdam, berdekatan dengan Rijksmuseum.
Museum Van Gogh (image: Taxiarchos228)
Museum Van Gogh dibuka pada tanggal 2 Juni 1973. Museum ini terletak didalam bangunan yang dirancang oleh Gerrit Rietveld dan Kisho Kurokawa. Karya seni pada museum ini sebagian besar adalah berupa lukisan dari Van Gogh dan seniman lainnya. Pada tahun 2016 pengunjung yang datang ke museum ini mencapai 2.100.000 pengunjung.

4. Kebun Binatang Diergaarde Blijdorp

Diergaarde Blijdorp atau juga bisa disebut Foundation Royal Zoo of Rotterdam, adalah sebuah kebun binatang yang terletak diwilayah barat laut kota Rotterdam. Kebun binatang ini merupakan salah satu yang tertua di Negara Belanda.
Diergaarde Blijdorp (image: Sherpa)
Terdapat banyak sekali binatang dari seluruh dunia berada di kebun binatang ini. Termasuk monyet dari Celebes Sulawesi yaitu monyet hitam atau monyet dare. Selain itu juga terdapat komodo dragon yang berasal dari Pulau Komodo, Indonesia.

5. Cube House Rotterdam

Cube House atau rumah kotak (kubus) yang berada di Kota Amsterdam ini merupakan rumah yang berbentuk seperti kubus yang berdiri pada sisi ujung nya bukan sisi dasarnya. Rumah unik ini merupakan desain dari arsitek Piet Blom yang beradasarkan konsep “living as an urban roof”.
Cube House (image: Raul Ayres)
Bangunan Cube House yang terdapat di Rotterdam dibangun pada tahun 1977.  Cube House Rotterdam terletak di Overblaak Street, dekat dengan stasiun kereta bawah tanah Blaak. Karena bentuk nya yang unik banyak orang yang lewat sangat tertarik untuk melihat bagaimana bagian dalam bangunan Cube House ini.

6. Rietveld Schröder House

Rietveld Schröder House merupakan rumah unik yang merupakan situs warisan dunia yang di tetapkan oleh UNESCO. Bangunan ini merupakan hasil karya arsitek Gerrit Rietveld. Bangunan ini dibangun pada tahun 1924 untuk keluarga Mrs. Truus Scrhoder-Schrader beserta ketiga anaknya.
Rietveld Schröder House (image: Husky)
Uniknya bangunan ini merupakan rumah yang pada saat ini sering dibangun sebagai rumah minimalis modern. Ternyata rumah minimalis modern sudah ada yang pernah membangun pada tahun 1924 di Belanda. Apakah sebenarnya rumah ini cikal bakal pemikiran pembangunan rumah minimalis modern ?

7. Railway Museum Utrecht

Railway Museum atau Museum Kereta Api ini berada di tengah kota Utrecht. Museum ini merupakan museum kereta api nasional Belanda. Didirikan pada tahun 1927, dan semenjak tahun 1954 ditempatkan di Maliebaan station yang merupakan bekas tempat stasiun kereta api.
Railway Museum Utrecht (image: Flickr - spag85)
Museum ini pada awalnya bertempat di salah satu gedung Nederlandse Spoorwegen (Rel Kereta Nasional Belanda). Pada tahun 2002 museum ini di renovasi. Pada tahun 2005 Museum ini kembali dibuka. Museum ini merupakan museum yang berisikan kereta api klasik yang pernah beroperasi dan sekarang sudah tidak lagi.

8. Binnehof (Inner Court)

Binnehof merupakan komplek bangunan yang berada di tengah kota The Hague (Den Haag) yang terletak disebelah danau Hofvijver. Bangunan ini merupakan rumah dinas bagi States General Belanda dan Menteri General Affairs Belanda serta kantor Perdana Menteri Belanda.
Binnehof (image: Jesterhat84)
Desain yang unik dan menarik bergaya tatanan rumah bangsawan menjadikan Binnehof daya tarik wisatawan untuk dilihat. Selain itu wilayahnya yang bersampingan dengan danau menjadikan daerahnya asri dan sejuk.

9. Peace Palace

Peace Palace, dari namanya bangunan ini sepertinya tempat tentang kedamaian. Benar saja karena bangun ini merupakan gedung adiministratif hukum internasional yang berada di The Haag (Den Haag). Bangunan Palace ini resmi dibuka pada tanggal 28 Agustus 1913. Pada tanggal 8 April 2014, Peace Palace mendapat penghargaan European Heritage Label.
Peace Palace (image: Yeu Ninje)
Pembangunan ini di mulai dengan perataan tanah pada tahun 1907. Biaya membangun Peace Palace pada saat itu berkisar pada angka 1,5 juta US Dollar. Atau sekitar 40 juta US Dollar jika menurut inflasi mata uang hingga saat ini. Arsitek pembangunan Peace Palace adalah Louis M. Cordonnier.

10. Koningsdag dan Koninginnedag

Koningsdag (King’s day) dan Koninginnedag (Queen’s Day) merupakan hari libur nasional memperingati hari lahir Raja dan Ratu Belanda. Koningsdag (King’s Day) diselenggarakan pada tanggal 27 April namun diselenggarakan pada tanggal 26 April jika tanggal 27 April jatuh pada hari minggu.
Koninginnedag (Queen’s Day) Tahun 2010 (image: Carmelrmd)
Sedangkan Koninginnedag (Queen’s Day) dulunya diselenggarakan pada tanggal 30 April yang merupakan hari kelahiran Ratu Beatrix. Pada tahun 2013 Ratu Beatrix digantikan kepemimpinannya oleh anak nya yaitu Willem-Alexander sehinggal saat ini hanya dilaksanakan King’s Day saja.

Demikian artikel yang berisikan informasi seputar 10 Tempat Wisata Di Belanda Yang Menarik. Semoga informasi yang terdapat pada artikel ini dapat berguna bagi anda dan dapat menambah pengetahuan tentang tujuan wisata yang dapat anda jadikan tujuan wisata selanjutnya. Terima kasih telah berkunjung ke brrrwisata.com

Subscribe to receive free email updates: