Tempat Wisata Menarik Di Semarang

Tempat Wisata Menarik Di Semarang. Kota Semarang adalah kota yang berada diwilayah Provinsi Jawa Tengah. Faktanya Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang memiliki hari jadi yang jatuh pada tanggal 2 Mei 1547. Luas wilayah dari Kota Semarang adalah sekitar 373 km persegi.

Pembagian daerah administratif dari Kota Semarang terdiri dari 16 Kecamatan yang didalamnya terdapat 177 Kelurahan. Sedangkan jumlah populasi yang berada diwilayah Kota Semarang adalah sekitar 1.595.267 jiwa yang tercatat pada tahun 2014 oleh BPS. Dari jumlah tersebut meliputi atas 792.898 penduduk laki-laki dan 802.369 penduduk perempuan.

Daftar Tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya – Seperti yang kita tahu bahwa Kota Semarang merupakan salah satu tujuan destinasi wisata menarik setelah Yogya dan Solo. Sebagi ibukota dari Provinsi Jawa Tengah, wilayahnya menduduki kota terbesar ke-5 di Indonesia. Maka tak heran jika banyak objek wisata yang banyak dijumpai di Kota Semarang.


Ada berbagai tempat wisata yang hadir khusus bagi para wisatawan, mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya, hingga wisata alam. Semua itu dikemas secara rapih dengan panorama  mengagumkan dan fasilitas memadi sebagai penunjang pariwisata. 

Terdapat banyak tempat wisata yang menarik di wilayah Kota Semarang dan sekitar nya. Dibawah ini terdapat daftar dan penjelasannya. Silahkan disimak.
Tempat Wisata Menarik Di Semarang



1. Brown Canyon Semarang

Nama Brown Canyon ini adalah nama yang diberikan oleh penduduk sekitar wilayah tersebut dikarenakan wilayahnya mirip dengan Green Canyon yang terdapat di Amerika Serikat. Letak daerah wisata Brown Canyon adalah di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Kota Semarang.
Brown Canyon Semarang (image: infobanten22.blogspot.com)

Tempat ini biasa dijadikan tempat track pecinta motor trail untuk uji kebolehan. Disamping itu Brown Canyon juga dapat menjadi tempat hunting foto yang menarik dan banyak digemari mereka yang gemar fotografi. Tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke tempat wisata ini.

2. Taman Tabanas Bukit Gombel Semarang

Taman Tabanas Bukit Gombel merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menarik yang ada di Kota Semarang. Taman yang terletak di perbukitan ini menjadikan wilayahnya cukup sejuk dan cocok sebagai tempat berkumpul menikmati pemandangan perkotaan.
Pemandangan Semarang Dari Bukit Gombel (image: promosemarang.com)

Taman ini terletak di Jalan Setyabudi. Menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menikmati malam hari. Tempat wisata ini sering didatangi anak muda untuk menghabiskan weekend bersama teman dan pasangan. Tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke Taman Tabanas Gombel di Semarang ini.

3. Candi Gedong Songo 

Candi Gedong Songo (image: telusurindonesia.com)

Candi Gedong Songo merupakan tempat wisata klasik yang menyajikan pemandangan jaman kerajaan dikarenakan terdapat beberapa candi yang ada disana. Letak dari tempat wisata Candi Gedong Songo ini berada di Candi, Bandungan, Semarang. Bagi anda yang ingin melihat candi yang merupakan peninggalan sejarah Indonesia masa lampau. Tempat wisata ini dapat menjadi salah satu tujuan anda.
 
4. Air Terjun Benowo Semarang

Air Terjun Benowo (image: pegipegi.com)

Air Terjun Benowo atau juga disebut Curug Benowo merupakan tempat wisata yang terletak di  Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat Gunung Ungaran, Semarang. Air terjun Benowo merupakan salah satu favorit wisata bagi para pecinta alam yang senang akan suasana air terjun dan sekitarnya yang sejuk dan lembab. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati suasana air terjun untuk mengilangkan penat bekerja.

5. Air Terjun Lawe Semarang

Air Terjun / Curug Lawe (image: semarangpos.com)

Air Terjun Lawe merupakan salah tempat wisata air terjun yang terdapat di Semarang. Letaknya berdekatan dengan Kebun Teh Medini, Boja, Semarang. Letaknya juga dekat dengan Air Terjun Benowo, yaitu di Lereng Gunung Ungaran. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk akan membuat anda lupa akan kelelahan selama perjalanan. Tidak salah lagi bahwa tempat wisata ini dapat anda jadikan tujuan wisata liburan anda.
6. Polder / Danau Buatan Tawang Semarang

Polder Tawang Semarang (image: zi4arah.wordpress.com)

Tempat wisata lainnya yang berada diwilayah Semarang adalah Polder / Danau Buatan Tawang Semarang. Danau buatan Tawang ini terletak di aera sekitar Stasiun Tawang. Danau buatan ini berfungsi sebagai daerah penampungan air sebagai langkah penanggulangan banjir oleh pemerintah kota Semarang. Selain itu fungsi dari danau Tawang ini juga sebagai daya tarik wisata, wilayahnya yang terletak di area kota lama menjadikannya cukup menarik untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu sore.

7. Gelora Jati Diri Semarang

Miniatur Gelora Jati Diri (image: imgrum.net)

Gelora Jati Diri yang berada di Semarang ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak masyarakat baik remaja maupun orang tua datang kesini untuk melakukan olahraga, baik itu joging maupun untuk berenang di kolam renang. Gelora Jati Diri ini terletak di wilayah Karangrejo, Gajahmungkur, Semaran. Klub sepakbola asal Semarang yaitu PSIS Semarang berkandang di Stadion Jati Diri ini.

8. Lawang Sewu
Lawang Sewu Semarang


Lawang Sewu merupakan objek wisata kuno yang berdiri sejak tahun 1904 oleh Pemerintah Hindia-Belanda. Dahulunya bangunan tersebut difungsikan sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda, tapi sekarang beralih fungsi sebagai kawasan wisata. Meskipun namanya Lawang Sewu (Pintu Seribu), namun hanya memiliki banyak pintu dan jendela yang tak sampai seribu jumlahnya. Suasana mistis dengan ruang lantai bawah tanah dan arsitektur megah tampak dari wisata ini. 

9. Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia berada di Jalan Sriwijaya yang merupakan tempat wisata di Semarang. Walaupun objek rekreasi yang satu ini baru dibuka tahun 2007, namun suasana di kawasan Taman Rekreasi Wonderia sangat ramai terutama oleh kalangan keluarga dan anak-anak. Di sini terdapat banyak permainan menarik dan menyenangkan seperti Boom Boom Car, Kiddy Boat, Super Rally, Ghost House, Space Gyro, hingga Merry Go Round. 

10. Pagoda Buddhagaya Watugong
Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong merupakan tempat ibadah sekalius tempat ibadah bagi agama Budha. Tempat wisata ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang yang terbilang sangat strategis sehingga mudah untuk mengakesnya. Pagoda tersebut mempunyai ketinggian lebih dari 45 meter dan telah diklaim sebagai pagoda tertinggi di seluruh Indonesia. Hal menarik dari Pagoda ini karena keindahan dan keunikan bentuk bangunannya.

11. Kampoeng Wisata Taman Lele
Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wisata Taman Lele memang cocok untuk mengisi waktu liburan keluarga. Adapun luas dari objek wisata ini lebih dari 2 hektar dan telah memiliki berbagai fasilitas lengkap sebagai penunjang kegiatan pariwisata. Beberapa fasilitas tersebut seperti kolam renang, danau buatan, kebun binatang kecil, taman bermain anak, gazebo, penginapan, dan tempat pertunjukan. Untuk harga tiket pada waktu liburan pengunjung ditarif Rp. 3500,-.

12. Air Terjun Kali Pancur
Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, kota Semarang. Ketinggian dari air terjun sekitar 150 hektar dan disajikan dengan bebatuan alam yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau. Selain itu, terdapat beberapa Goa Walet di kawasan air terjun yang indah ini.  Namun sebelum memasuki arena air terjun anda perlu melewati 900 anak tangga yang cukup melelahkan. Maka dari itu, siapkan stamina guna menyambangi Air Terjun Kali Pancur. 
Baca juga : Kuliner Enak Di Semarang
Tempat Wisata Menarik lainnya di Semarang :
Goa Kreo di Semarang
Hutan penggaron
Hutan Tinjomoyo di Semarang
Jalan Pahlawan Semarang
Jalan Pandanaran (pusat jajanan semarang)
Kebun Binatang Mangkang di Semarang
Kebun Buah Boja
Kebun Karet BSB di Semarang
Kebun Teh Medini di Semarang
Komplek Pecinan Semarang
Kota Lama Semarang
Maerokoco semarang
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)
Masjid Menara (Layur) di Semarang
Museum Mandala Bakti di Semarang
Museum Muri di Semarang
Museum Ronggowarsito di Semarang
Museum Satria
New Bandungan Indah Waterpark
Pasar Rakyat Simpang Lima
Pemancingan Baron
Semarang Fair (PRPP)
Stasiun Tawang di Semarang
Taman KB (wisata kuliner) di Semarang
Taman Unyil Ungaran
Tugu Muda di Semarang
Umbul Sidomukti
Water Blaster Bukit Candi Golf di Semarang
Wisata ke BSB (Bukit Semarang Baru)
Wisata Kuliner Lumpia Semarang
Wisata Pantai Marina di Semarang
Wisata Pantai Maron di Semarang
Wisata Pantai Tirang di Semarang
Wisata Sam poo kong di Semarang

Demikian artikel dari brrrwisata yang berisikan tempat wisata menarik yang berada diwilayah Kota Semarang dan sekitarnya. Jadi bagi anda yang akan berlibur kewilayah Kota Semarang, artikel ini dapat anda jadikan patokan tujuan tempat wisata yang akan anda datangi saat liburan. Selamat berlibur, terima kasih telah mampir ke brrrwisata.com

Subscribe to receive free email updates: