Wisata Pantai Sawarna (Sawarna Beach)

Wisata Pantai Sawarna (Sawarna beach ) yang indah. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai salah satu tempat wisata pantai yang indah di indonesia. Terdapat banyak tempat wisata yang berada disekitar wilayah Pantai Sawarna. 

Tentang Pantai Sawarna
Sawarna adalah nama pantainya, ada di suatu desa pesisir yang mempunyai beragam jenis tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, rimba, panjat tebing, gua, serta agrowisata. Lokasi pesisir indah ini menyatu dengan cerita mistis nyai roro kidul serta ekploitasi batu bara di bayah serta lebak oleh penjajah asing.

Tempat wisata dengan areal persawahan yang membentang luas, pemandangan desa yang asri, hembusan udara sejuk hawa khas desa agraris, serta deretan pohon kelapa serta pohon jati yang berjejer seperti pagar betisnya desa.

Wisata Pantai Sawarna yang terletak di lebak, Banten yaitu alternatif berlibur yg tidak jauh dari jakarta. Pantai-pantai yang cantik serta alam yang masih alami bakal bikin anda mengagumi tempat wisata ini.
Pertama kali menginjakkan kaki di desa Sawarna, mata yang lelah seakan hilang saat itu juga bertukar dengan ketakjuban alam. Di desa Sawarna, bukit-bukit serta sawah-sawah berwarna hijau, pantai berpasir putih serta laut juga hijau kebiruan.

Lokasi desa Sawarna ada di kecamatan Bayah, provinsi Banten. Desa ini mempunyai bentangan alam yang benar-benar memukau dimulai dari pantai, batuan karang, bukit, rimba lindung sampai goa juga ada di desa wisata ini. Wisatawan suka menyebut tempat wisata ini sebagai Pantai Sawarna Banten atau Pantai Sawarna Sukabumi, karena memang terletak dalam kawasan Banten dan Sukabumi.

Satu diantara pesona dari desa Sawarna yaitu pantai ciantir dengan barisan pasir putih serta jejeran pohon kelapa dan ombak laut yang menawan. Pantai ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke desa Sawarna. Tak hanya lantaran pesonanya yang indah, pantai ini dapat dekat dengan penginapan yang ada disana. Pantai tanjung layar juga berikan kesejukan untuk siapapun yang memandangnya. Bentangan karang melingkari pantai ini, dengan 2 karang yang menjulang tinggi ke atas serta jadi ikon dari Sawarna
Pantai Sawarna adalah salah satu pantai yang memiliki pemandangan dan wilayah paling indah di provinsi Banten. Pemandangan alam yang indah menghadap samudera hindia. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih serta berbukit hijau nan lebat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang serta pasir putih.
via swarnainn.com

Berikut contoh obyek wisata yang ada di Wilayah Pantai Sawarna :

Wisata Pantai Ciantir
Pantai Ciantir mempunyai pasir putih dengan ombak sedang. Di pantai ini kita bebas berenang, lantaran di sepanjang pantai ini tidak ada karang serta murni berpasir putih yang lembut sehingga cocok untuk berenang dan bermain dilingkungan pantai bersama keluarga.

Wisata Pantai Tanjung Layar
Tanjung Layar merupakan ikon dari Pantai Sawarna berbentuk dua karang besar yang berhimpitan seperti layar kapal, di sekitarnya terbagi dalam karang-karang cadas serta karang yang datar.

Wisata Pantai Karang Teraje
Ditempat ini kita dapat melihat sunset lebih jelas. Pantai ini terbagi dalam gugusan karang yang menjulang sepanjang pantai, serta menarik untuk fotografer untuk dijadikan objek foto.

Wisata Gua lalay

Gua Lalay, Desa Sawarna, Banten, Jawa Barat, Indonesia. Kata Lalay sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti kelelawar. Memang, gua adalah habitat bagi sejumlah kelelawar. Sawarna adalah tempat terbaik untuk Anda yang suka menelusuri misteri terkubur di dalam gua-gua yang ditemukan di desa. Lalay sangat dianjurkan untuk hal ini. 

Gua Lalay memiliki panjang kurang lebih 100m ini menawarkan stalagmit yang indah dan stalaktit yang pernah ada. Selain itu ada sebuah sungai bawah tanah pencampuran dengan 10 - 15 cm lumpur mengalir di dalam Gua Lalay. Gua lalay yaitu suatu gua yang ada di sekitar pematang sawah. Gua ini menyajikan panorama indah untuk mereka yang suka menjelajahi goa.

Kuliner di Sarwana
Warga setempat di Sawarna yaitu nelayan penangkap ikan kecil atau ikan teri halus atau terkadang orang kota menamakannya teri medan. Disini anda bisa beli teri halus cuma harga kurang dari 5 ribu rupiah. Rasa teri halus ini benar-benar gurih dan ada yang dibuat pepes atau digoreng tepung. Makanan ini bisa anda dapatkan di warung-warung makan seputar pantai.

Sumber : swarnainn.com

Subscribe to receive free email updates: