Mengenal Masjid Islam Di Korea Selatan

Mengenal Masjid Islam Di Korea Selatan. Korea Selatan yang merupakan Negara dengan mayoritas umat non muslim ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dunia. Termasuk wisatawan muslim. Selain karena keindahan tempat wisata yang ada disana. Kecantikan dan ketampanan para artis mereka yang membuat wisatawan mancanegara tertarik untuk datang berlibur mengunjungi Negeri Ginseng ini.

Bagi wisatawan muslim, berlibur ke Korea Selatan tidak perlu khawatir untuk mencari tempat shalat seperti Masjid. Selain shalat bisa dilakukan dimana saja. Korea Selatan juga memiliki Masjid yang tersebar dibeberapa daerahnya. Berikut ini terdapat 8 Masjid yang berada di Korea Selatan.

Berikut ini adalah 8 Masjid tersebut :
Masjid Central Seoul
Masjid ini beralamat di Hannam 2-dong 732-21, Yongsan-gu, Seoul. Masjid ini dibangun tahun 1976, merupakan bantuan dari pemerintahan Korea dan kontribusi moneter yang besar dari Arab Saudi beserta negara-negara Islam lainnya. Masjid Central Seoul ini merupakan masjid pertama yang dipermanenkan yang berada di Korea Selatan dan merupakan satu-satunya masjid di Seoul. 

via : ustadzmafrur.com

Struktur bangunan Masjid ini terdiri dari tiga lantai, dan masing-masing lantai memiliki fungsi berbeda. Di lantai pertama merupakan tempat kantor Federasi Muslim Korea dan ruang pertemuan, sedangkan ruangan untuk shalat berada di lantai dua dan tiga. 

Masjid Busan Al-Fatah
Masjid Busan ini beralamat di Namsan-dong 30-1, Geumjeong-gu, Busan. Masjid Busan adalah masjid kedua yang didirikan di Korea Selatan setelah Masjid Central Seoul. Masjid ini dibangun pada tahun 1980. Pembangunan masjid ini mendapat dukungan dana dari Ali Fellaq, beliau adalah mantan Menteri Keuangan Libya. 
via : ustadzmafrur.com

Di masjid ini, dapat mempelajari lebih banyak mengenai Islam di Korea Selatan. Jamaah masjid dapat bertanya tentang Islam kepada Imam Masjid. Selain itu di masjid ini juga terdapat perpustakaan yang berguna untuk menambah wawasan tentang Islam.

Masjid Gwangju Umar bin Khattab
via : islamawareness.net
 
Setelah Masjid Central Seoul dan Masjid Busan. Masjid ketiga yang dibangun di Korea Selatan adalah Masjid Gwangju. Masjid ini beralamat di Yeok-dong 48-9, Gwangju, Gyeonggi-do. Masjid Gwangju ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1981. Masjid ini adalah satu-satunya Masjid yang ada di Gwangju. 

Masjid Jeonju
via : gyujibee-kpopfans.blogspot.com

Masjid lainnya adalah Masjid Jeonju . Masjid ini beralamat di Inhu-dong 2-ga 1562-10, Deokjin-gu, Jeonju-si, Jeollabuk- do. Masjid Jeonju ini mempunyai arsitektur perpaduan antara budaya Korea dan Islam. Masjid ini memiliki atap yang berupa perpaduan atap khas korea dan kubah khas Islam.

Masjid Ansan Dan Islamic Center
via : lanwups6629.tumblr.com

Masjid yang selanjutnya adalah Masjid Ansan dan Islamic Center. Bangunan ini terletak di Wongok-dong 741-5, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do . Imam dari Masjid ini merupakan warga asal Bangladesh. Biasanya Imam Masjid dipilih oleh warga imigran yang ada disekitar lingkungan Masjid. Warga musim yang berasal dari Bangladesh, Pakistan, dan Indonesia yang bekerja di dekat Kompleks Industri Ansan yang biasa menggunakan Masjid ini.

Masjid Anyang
via : www.facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice/
 
Selanjutnya adalah Masjid Anyang. Masjid ini terletak di Anyang 5-dong 618-132, Anyang-si, Gyeonggi-do (dekat pintu masuk Universitas Anyang). Masjid ini merupakan salah satu Masjid yang terdekat jaraknya dengan Seoul. Masjid ini juga biasa digunakan oleh warga imigran yang ada di Korea Selatan. Khususnya imigran dari Bangladesh dan Pakistan yang beribadah di Masjid ini. 

Masjid Bupyeong Al-Huda Islamic Center
via : via : www.facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice/
 
Masjid lainnya adalah Masjid Bupyeong. Masjid ini terletak di Sipjeong-dong 574-19, Bupyeong-gu, Incheon (Simpang 3 stasiun kereta Bupyeong) Masjid ini berada di antara Seoul dan Incheon. Jamaah dari Masjid ini biasanya merupakan Muslim yang bekerja dan berada disekitar dari Masjid ini. Sama dengan Masjid lainnya, kebanyakan warga imgran yang beribadah disini.  

Masjid Paju
via : www.facebook.com/Koreatourismorganizationindonesiaoffice/
 
Masjid yang terakhir adalah Masjid Paju. Masjid ini terletak di Yeongtae-ri 421-9, Wonreung-myeong, Paju-si, Gyeonggi-do. Masjid Paju terletak dekat dengan sungai Injin. Jamaah dari Masjid ini merupakan warga imigran, dan kebanyakan dari mereka adalah warga dari Bangladesh dan Pakistan.


 

Subscribe to receive free email updates: