5 Makanan Khas Jambi Yang Paling Enak

5 Makanan Khas Jambi Yang Paling Enak – Jambi merupakan salah satu propinsi yang kaya akan ragam kuliner khas. Selain pesona alam, Jambi tentu terkenal dengan makanan yang enak dan lezat. Apalagi di Jambi masih sangat kental dengan budaya Melayu yang pastinya semakin banyak masyarakat yang mengolah jenis makanan khas dengan beranekaragam.

Perlu diketahui bahwa makanan khas Jambi diolah dengan bumbu sedap asli nusantara. Maka tak heran jika rasanya sedikit berbeda dengan masakan khas daerah lainnya. Karena itu juga, banyak para pelancong yang menyambangi Jambi demi mencicipi kuliner khas Jambi yang tiada duanya. Berikut ulasan lengkap tentang makanan khas Jambi paling enak.

Nikmati Makanan Khas Jambi Yang Enak

1. Nasi Gemuk

Nasi gemuk memang sekilas sama seperti nasi uduk pada umumnya. Adapun bahan yang digunakan untuk mengolah masakan ini sama layaknya nasi uduk, yakni beras, santan, daun pandan, daun salam dan daun jeruk. Namun hal yang membedakan dengan nasi uduk adalah bahan pelengakpnya. Beberapa bahan pelengkapnya adalah telur rebus, teri goreng, kacang tanah, bawang goreng dan sambal.

2. Daging Masak Hitam

Daging masak hitam rupanya menjadi makanan khas daerah Jambi yang paling banyak diminati masyarakatnya. Masakan tersebut terbuat dari bahan dasar daging sapi yang diolah menggunakan beberapa bumbu dan rempah-rempah. Adapun numbu-bumbu yang digunakan seperti adas minas, kecap, kayu manis, kelapa, jinten, dan pala bubuk. Tentu saja  daging masak hitamangsat cocok disantap bersama dengan nasi putih yang masih hangat.

3. Tempoyak

Selanjutnya makanan khas Jambi bernama Tempoyak yang sangat enak dan lezat. Tempoyak sendiri merupakan masakan yang dibuat dari buah durian yang di fermentasi. Biasanya makanan tersebut sangat cocok dimakan bersama nasi atau bisa dijadikan bumbu dengan beberapa masakan. Selain di Jambi, Tempoyak juga terkenal di  lain seperti Bengkulu, Palembang, Lampung serta Kalimantan, hingga negara tetangga misalnya Malaysia

4. Kue Srikaya

Kue Srikaya merupakan  kue basah khas Jambi yang  berbeda dengan jenis lainnya. Hal ini karena bahan dasar kue tersebut dari  tape bukan berbahan dasar tepung. Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan mencampurkan adonan tape dan santan, setelahnya ditambah pewarna makanan serta daun pandan. Biasanya kue srikaya diletakkan pada wadah yang terbat dari daun pisang agar tampilannya semakin hijau.

5. Gulai Tepek Ikan

Satu lagi makanan khas Jambi yang paling enak yakni Gulai Tepek Ikan. Biasanya Gulai Tepek Ikan ini akan hidangkan pada acara-acara tertentu saja, seperti pernikahan, acara adat, ataupun pada saat menyambut tamu istimewa. Maka dari itu, beruntung sekali jika anda berkunjung ke Jambi dapat merasakan makanan khas yang satu ini. Namun pastikan anda bisa mencarinya di beberapa tempat wisata atau di warung-warung makan tertentu.

Itulah Makanan Khas Jambi Yang Paling Enak. Semoga apa yang telah diulas tadi bermanfaat bagi anda, dan bisa dijadikan referensi terbaik saat anda jalan-jalan ke Jambi. Sediakan pula uang yang cukup agar anda bisa mencicipi kuliner Jambi.

Subscribe to receive free email updates: