5 Tempat Wisata di Demak yang Menarik Untuk Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Demak yang Menarik Untuk Dikunjungi - Demak adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang lokasinya cukup dekat dengan ibukota Jawa Tengah yaitu Semarang. Letak Kabupaten Demak yang berada di dekat dengan pesisir Pantai Utara membuat Demak memiliki cukup banyak wisata pantai yang indah dan eksotis. Selain itu, Demak juga terkenal dengan wisata religi umat islam karena Demak merupakan kota yang bersejarah dalam persebaran islam di Pulau Jawa.

Demak juga menjadi destinasi wisata yang patut diperhitungkan karena lokasinya yang dekat dengan kota besar seperti Semarang, Kudus, dan juga Jepara. Bagi anda yang ingin berwisata ke Demak, berikut adalah beberapa tempat wisata di Demak yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Tempat Wisata Menarik di Demak

1. Masjid Agung Demak

Tempat wisata pertama yang bisa anda sambangi ketika berlibur ke Demak adalah Masjid Agung Demak. Masjid yang berdiri di sebelah alun-alun Kabupaten Demak ini memang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Usianya yang sudah menginjak angka 500 tahun ini merupakan saksi bisu peninggalan wali songo dan juga Sultan Fatah dalam menyebarkan agama islam di Pulau Jawa. Masjid ini juga memiliki keunikan jika dilihat dari bentuk bangunan masjid.
Museum Masjid Agung Demak

Desain bangunan Masjid Agung Demak adalah cikal bakal desain bangunan masjid yang ada di Indonesia setelahnya. 3 atap yang ada di masjid ini juga menggambarkan gambaran islam, iman, dan ikhsan. Kemudian ada lagi 4 buah tiang / dalam Bahasa Jawa disebut dengan saka yang dibuat langsung oleh wali. Kemudian 8 tiang yang berada di serambi Masjid Agung Demak merupakan pemberian dari raja Majapahit kala itu yang merupakan ayah Sultan Fatahilah. Tentu berkunjung ke Masjid Agung Demak selain untuk beribadah, wisatawan juga bisa mempelajari sejarah yang ada di masjid tersebut.

Selain dari bangunan masjid, wisatawan yang berkunjung ke Masjid Agung Demak juga dapat melihat-lihat benda bersejarah yang masih berhubungan dengan Masjid Agung Demak. Lokasinya berada di sebelah masjid yakni Museum Masjid Agung Demak. Di dalam museum ini terdapat beberapa benda yang berasal dari dalam masjid seperti pintu masjid yang pertama, bedug masjid, gentong, dan juga terdapat miniatur masjid yang menggambarkan bangunan masjid sejak pertama kali dibangun sampai dengan masa sekarang. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat masjid ini ramai dikunjungi baik oleh wisatawan yang ingin beribadah, maupun wisatawan yang sengaja berkunjung untuk mempelajari sejarah tentang masjid ini.

2. Makam Sunan Kalijaga

Demak memang cukup terkenal dengan wisata religinya karena terdapat bangunan yang bersejarah tentang perkembangan islam. Salah satu tempat wisata religi di Demak yang selanjutnya adalah Makam Sunan Kalijaga / Kalijogo. Makam Sunan Kalijaga terletak tidak terlalu jauh dari Masjid Agung Demak, sehingga wisatawan yang sedang berkunjung ke masjid bisa sekalian mampir ke makam untuk berziarah. Letaknya berada di Kadilangu yakni sekitar 4 kilometer dari Masjid Agung.
Makam Sunan Kalijaga

Sekadar informasi, Sunan Kalijaga adalah salah satu wali songo yang cukup terkenal dengan metode penyebaran agama islam. Beliau menggunakan unsur budaya dan seni dalam mengajarkan agama islam di tanah Jawa. Alhasil, masyarakat dapat dengan mudah menerima islam di tengah kehidupan mereka tanpa harus dengan kekerasan.

3. Hutan Mangrove Morosari

Setelah berwisata religi, kini saatnya untuk mengeksplore Demak lebih jauh lagi dengan mengunjungi tempat yang masih alami, salah satunya Hutan Mangrove Morosari. Hutan bakau ini berada di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Sesampainya di lokasi, wisatawan akan disambut oleh lebatnya hutan bakau yang masih terjaga kelestariannya.
Hutan Mangrove Morosari

Selain udara sekitar yang bersih dan sejuk, pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah dan mempesona. Tentunya sangat sayang jika Hutan Mangrove Morosari tidak dijadikan spot selfie anda ketika berada di Demak. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi hutan ini adalah saat sore hari karena wisatawan dapat menikmati pemandangan sunset yang sangat eksotis dan jarang ditemui di tempat lain.

4. Pantai Morosari

Nah, jika anda sedang berada di hutan mangrove, sebaiknya kunjungi juga pantai yang berada di dekat hutan mangrove tersebut yaitu Pantai Morosari. Pantai ini merupakan pantai yang cukup sepi pengunjung sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk menyendiri dan juga mencari ketenangan. Pantainya yang berwarna biru dan bersih ini akan memanjakan mata anda.
Pantai Morosari

Menikmati pemandangan matahari tenggelam sambil duduk santai di pinggir pantai tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan tak akan terlupakan. Pantainya yang sepi pengunjung membuat anda merasa seperti sedang berada di pantai pribadi.

5. Brown Canyon Demak

Brown Canyon Demak merupakan salah satu tempat wisata di Demak yang sedang hits di kalangan anak muda Demak dan sekitarnya. Lokasinya cukup berdekatan dengan Semarang yaitu di Desa Kobanbatur, Kecamatan Mranggen, Demak. Sekilas, tempat wisata ini tak kalah indah dari Grand Canyon yang berada di Amerika atau canyon lainnya yang berada di daerah lain. Brown Canyon sejatinya adalah area bekas pertambangan yang menghasilkan bukit dan tebing unik dengan genangan air yang membentuk seperti danau.
Brown Canyon Demak

Brown Canyon Demak merupakan spot foto paling diminati saat ini karena tempatnya yang sangat indah dan masih alami. Jika anda adalah wisatawan yang suka berburu foto unik, silakan berkunjung ke Brown Canyon Demak karena anda akan menemukan spot foto terbaikmu disini.

Itulah beberapa tempat wisata di Demak yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Meskipun tidak terlalu banyak seperti di tempat lain, namun tempat wisata di Demak juga dapat menjadi alternatif liburan anda bersama teman atau keluarga. Selain tempat wisata, Demak juga memiliki berbagai sajian kuliner yang unik dan tentunya bisa membuat lidah bergoyang.

Jika anda berkunjung ke Demak, silakan cicipi aneka kuliner khas Demak seperti Swikee yang berada di Alun-alun Kabupaten Demak, Nasi Ndoreng, Asem-Asem Demak yang berada di Jl. Raden Fatah no. 41, serta minuman segar bernama Wedang Pekak yang terdiri dari campuran sereh, jahe, kayu manis, dan gula.

Subscribe to receive free email updates: