5 Jenis Makanan Khas Kota Bandung

5 Jenis Makanan Khas Kota Bandung – Bandung memang terkenal akan kekayaan kulinernya dengan rasa yang menggoda. Makanan khas Bandung hampir sama seperti makanan khas Sunda di daerah Jawa Barat lain. Hanya saja ada beberapa kulinernya yang di Bandung dan menjadi ciri khas Kota Kembang ini seperti mie kocok bandung hingga nasi tutug oncomnya yang gurih. jadi selain berkunjung ke tempat wisatanya yang menarik, mencicipi kuliner khas Bandung tentuya semakin melengkapi perjalanan anda.

Makanan khas Bandung kebanyakan memiliki rasa pedas gurih serta perpaduan segar dari lalapan sambal dan sayuran yang nikmat. Menemukan makanan khas Bandung ini cukup mudah. disepanjang jalan menuju tempat wisata biasanya banyak dijumpai kedai penjual kuliner khas kota kembang ini. nah, berikut adalah ulasannya untuk apa saja jenis makanan khas Kota Bandung yang bisa anda cicipi.

Makanan Khas Kota Bandung 

1. Nasi Tutug Oncom

Kuliner dengan bahan utama nasi ini merupakan alternatif yang bisa anda pilih jika bosan dengan nasi pada umumnya. Nasi tutug oncom merupakan perpaduan nasi dengan olahan oncom dan tepung tapioka menjadi satu. Biasanya menikmati nasi dengan cita rasa gurih ini cocok dengan ikan bakar atau ayam goreng, disertai sambal oncom atau sambal terasi yang pedas. Campuran lalapan semakin menambah cita rasa nasi tutug oncom ini.

2. Peuyeum

Peuyeum merupakan makanan berbahan dasar singkong yang difermentasikan. Mirip seperti tape singkong hanya saja bentuknya lebih besar serta memiliki tekstur yang lebih kering dari tape singkong. Kudapan ini sangat legit dengan rasa manisnya yang khas. Biasanya disepanjang jalanan menuju tempat wisata Bandung, banyak penjual peuyeum yang menggantungkan dagangan peuyeum mereka dilapaknya.

3. Mie Kocok Bandung

Kuliner yang satu ini sangat khas dengan rasa gurih dan kuahnya yang hangat. Mie kocok bandung diolah dengan mencampur berbagai macam isian seperti mie dan aneka sayuran. Tambahan kikil sapi menjadi ciri khas mie kocok ini. pengolahannya begitu khas yaitu penjualnya mesti mengaduk terlebih dahulu dan mengocok mie sebelum disajikan. Menikmati kuliner ini biasanya dicampur dengan sambal bawangnya yang pedas sebagai pelengkapnya.

4. Cireng

Belum lengkap berkunjung ke Bandung jika belum mencicipi cirengnya yang lezat. jajanan yang terbuat dari tepung tapioka ini memiliki rasa yang kenyal serta teksturnya yang kering. Biasanya penyajian cireng dihidangkan dengan saus kecap atau tomat. Selain itu anda bisa menyantap cireng dengan campuran bumbu kedelai, garam serta daun bawang dan minyak goreng sebagai pelengkapnya.

5. Colenak

Colenak merupakan singkatan dari “Cocol Enak” yang pertama dikenalkan tahun 1930 sebagai varian olahan dari peuyeum. Colenak merupakan olahan peuyeum yang dibakar dan disajikan dengan cairan gula yang kental serta tambahan parutan kelapa sehingga rasanya lebih gurih. Anda bisa dengan mudah menjumpai Colenak ini di sekitar daerah Ciputra Bandung.

Nah, itulah beberapa jenis makanan khas Kota Bandung yang bisa dicicipi ketika bersambang kesini. Banyak lagi referensi kuliner khas kota kembang ini yang siap memanjakan perut dan lidah anda dan sayang untuk dilewatkan.

Subscribe to receive free email updates: