5 Makanan Khas Jakarta Yang Paling Populer

5 Makanan Khas Jakarta Yang Paling Populer – Pernahkah anda mencoba makanan khas Betawi? Tentu saja aneka ragam makanan tersebut memiliki rasa yang enak dan lezat. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang melancong ke Kota Jakarta hanya demi mencicipi makanan khas daerahnya. Bahkan harga untuk membeli makanan asli dari Jakarta terbilang murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang bingung jikalau mencari makanan khas Jakarta untuk dijadikan buah tangan keluarga. Padahal beragam makanan tradisional biasanya sering dijajakan pada kawasan tempat wisata. Selain itu, makanan khas Jakarta mudah sekali dijumpai di pinggiran jalan atau warung-warung tertentu. Berikut ulasan sedikit tentang makanan khas Jakarta yang paling populer.

Inilah Makanan Paling Populer Khas Kota Jakarta 

1.Soto Betawi

Soto Betawi yang memiliki cita rasa khas enak dan sedap saat disantap, terutama pada jam makan siang. Soto Betawi memang populer di masyarakat maupun kalangan wisatawan. Bahan utama dari soto ini adalah daging sapi yang dicampur dengan beragam bahan lainnya. Masakan tersebut paling cocok untuk disajikan bersama kuah kuning maupun kuah putih. Soto betawi akan sangat lezat jika disantap dengan sepiring nasi.

2. Nasi Kebuli

Nasi kebuli merupakan makanan khas Jakarta yang mengenyangkan, sehingga cocok untuk sarapan atau makan siang. Namun biasanya nasi kebuli disajikan pada saat acara tertentu, seperti syukuran, pengajuan, dan acara adat Betawi lainnya. Nasi kebuli memiliki cita rasa yang khas karena dibuat dengan campuran bahan makanan pilihan, seperti kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin yang sangat nikmat.

3. Kerak Telor

Kerak Telor memang makanan asli dari Betawi yang telah menjadi trade mark Kota Jakarta.Selain rasanya yang khas, proses pembuatannya yang unik kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan. Hanya saja, akhir-akhir ini kerak telor jarang dijual oleh para pedagang. Namun tenang saja, anda dapat datang ke Jakarta bertepatan dengan diselenggarakannya even Pekan Raya Jakarta (PRJ), karena beberapa stand yang menjual Kerak Telor.

4. Roti Buaya

Selanjutnya adalah roti buaya yang mempunyai ukuran super besar. Roti Buaya biasanya muncul pada acara pernikahan yang mengggunakan adat Betawi dan mempelai laki-laki membawa Roti Buaya sebagai bagian dari seserahan. Konon menurut budaya Betawi, Roti buaya adalah lambang kesetiaan. Akan tetapi, anda tak usah khawatir karena sebetulnya roti buaya mudah ditemukan di beberapa pusat makanan dan oleh-oleh khas Jakarta.

5. Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang rupanya sangat terkenal sebagai bagian dari sesaji dalam ritual keagamaan. Uniknya, Kue Kembang Goyang khas Betawi tersebut memiliki bentuk yang khas menyerupai bunga matahari. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang ditambah dengan beberapa bahan pelengkap lainnya, seperti gula pasir, telur, dan vanilli yang beraroma khas karena ditambah perasan air jahe.

Demikian makanan asli Betawi yang sangat populer dan dikenal luas oleh masyarakat. Pastikan anda telah mencicipi makanan tersebut karena memiliki ciri khas tersendiri saat disantap.

Subscribe to receive free email updates: