5 Jenis Makanan Khas Bali Yang Paling Disukai Wisatawan

5 Jenis Makanan Khas Bali Yang Paling Disukai Wisatawan – Bali selain memiliki tempat wisatanya yang mendunia, kulinernya juga memiliki cita rasa yang khas bahkan disukai wisatawan mancanegara. Makanan khas Bali memiliki ciri khas perpaduan bumbu rempah dan cabainya yang khas. Rasa masakan Bali memang lebih kuat tidak jauh berbeda dengan makanan khas Lombok. Olahan berbagai daging seperti bebek, ayam hingga babi banyak dijumpai disini. Anda akan jarang menemui makanan dengan olahan daging sapi di Bali.

Karena sapi menurut kepercayaan masyarakat setempat dianggap hewan suci sehingga tidak dikonsumsi. Namun demikian, kulinernya tetap memanjakan lidah dengan berbagai variasi menunya yang lezat. makanan khas Bali mudah dijumpai dekat dengan tempat – tempat wisata seperti Kuta hingga Denpasar. Nah, bagi anda yang bersambang ke Bali maka tidak ada salahnya mencicipi makanan khas Bali yang disukai wisatawan yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Makanan Khas Bali Yang Disukai Wisatawan

1. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan kuliner khas Bali dengan cira rasa yang khas. Bumbunya dimasukan kedalam perut ayam kampung serta dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dimasak dengan arang sekam. Memasak ayam betutu ini cukup lama yaitu 24 jam agar rasanya gurih serta dagingnya lebih empuk. Selain menggunakan ayam, olahan bumbu betutu ini juag menggunakan bebek sebagai pilihannya.

2. Lawar Kuwir

Lawar adalah capuran sayuran serta daging cincang dengan tambahan bumbu khas Balinya. Daging yang digunakan biasanya daging babi namun ada pula alternatif daging bebek sehingga makanan ini tetap ramah muslim. Lawarkuwir ini lebih nikmat disajikan dengan nasi hangat serta tambahan sate lilit dan kacang tanah. Di daerah Denpasar anda bisa mendapati banyak penjual kuliner ini.

3. Nasi Campur Ayam Bali

Sate lilit dicampur dengan bumbu basa genep bali serta urap sayuran dan lawar dalam satu piring. Nasi campur bali sangat cocok bagi anda para pecinta kuliner dengan rasa yang bervariasi. Tampilan nasi campur ini sangat cantik dengan warna warninya yang beragam. Warung makan yang biasanya menyediakan menu ini banyak terdapat di Sanur, Jimbarang dan Ubud.

4. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang unik. Sensasi pedas dan segar dilidah terasa ketika mencicipi rujak dengan bumbu kuah ikan tuna ini. selain kuah pindangnya yang pedas, rujak khas Bali ini memiliki isian yang lezat diantaranya rumput laut, aneka campuran buah yang menyegarkan lidah.

5. Tipat Blayag

Tipat Blayag banyak dijumpai di Buleleng Bali yang merupakan makanan berbentuk persegi dengan cita rasa yang lezat. tipat blayag biasanya dicampur dengan sayur urab serta ayam sisit dan goreng ceker. Selain di Buleleng, anda akan banyak mendapati Tipat Blayag ini didaerah Singaraja dan seputar area Denpasar.

Itulah beberapa makanan khas Bali yang banyak disukai wisatawan semoga menambah referensi kuliner lezat anda ketika berkunjung ke Bali.

Subscribe to receive free email updates: