5 Jenis Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicoba

5 Jenis Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicoba – Selain mengunjungi tempat – tempat wisatanya yang indah, ketika bersambang ke Lombok ada baiknya mencicipi kuliner khasnya yang lezat. kuliner khas Lombok memang beragam dengan cita rasa pedasnya yang khas. Masyarakat Lombok memang gemar mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas dan gurih sehingga sebagian besar kulinernya memiliki rasa demikian. Sebagian besar makanan khas Lombok terbuat dari bahan dasar daging ayam.

Misalnya ayam taliwang hingga nasi puyung atau sate rembiga yang berbahan dasar daging sapi, dan beragam kuliner lain. Selain itu yang paling terkenal olahan kangkung plecingnya yang kerap disantap bersama ayam taliwang. Jadi ketika bersambang ke Lombok tidak ada salahnya mencicipi kulinernya yang menggoda selera. berikut ini adalah ulasannya untuk apa saja jenis makanan khas Lombok yang harus anda coba.

Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicoba

1. Nasi Puyung

Makanan yang memiliki tampilan lezat ini, merupakan makanan berbahan dasar cabai dan kacang kedelai dengan daging belut goreng serta potongan daging ayam. Kekuatan rasanya terletak pada rasa pedasnya yang khas. Anda bisa menjumpai kuliner khas Lombok ini dibeberapa rumah makan pinggir jalan Lombok atau kota Mataram. Selain itu, nasi puyung kerap disajikan sebagai menu makanan khas rumahan masyarakat lombok.

2. Sate Rembiga

Setiap daerah memiliki hidangan satenya yang khas dan Sate Rembiga adalah sate khas Lombok yang patut anda cicipi. Sate dengan cita rasa yang lezat ini, berasal dari daging sapi dengan paduan bumbu dan teknik pengolahannya yang khas, sehingga menciptakan sate daging sapi yang empuk dan lezat bumbunya. Banyak masyarakat lombok yang membuka usaha sate rembiga sehingga kuliner ini mudah dijumpai di beberapa daerah Lombok.

3. Plecing Kangkung

Olahan dari kangkung ini merupakan kangkung rebus dengan campuran bumbu pedasnya yang khas. Plecing kangkung memiliki rasa pedas dengan tambahan terasi bakar dibumbunya. Lombok memiliki kangkung yang lebih renyah dan segar, sehingga olahan plecing kangkung menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan. Menyantap Plecing Kangkung bisa dengan nasi putih hangat dan kacang tanah goreng.

4. Ayam Taliwang

Ayam taliwang merupakan kuliner khas Lombok selanjutnya yang patut anda coba. Ayam taliwang memiliki tekstur yang empuk dengan campuran plecing kangkung sebagai pelengkapnya. Makanan khas Lombok ini memiliki sejarah panjang yang pertama kali dibawa juru masak sultan Sumbawa sebagai hidangan untuk raja.

5. Beberuk Terong

Beberuk terong merupakan kuliner khas lombok yang sayang dilewatkan. Makanan berbahan dasar irisan terong ini digunakan sebagai pelengkap nasi dengan rasanya yang khas. Tambahan bawang mentah dan jeruk nipis semakin menguatkan kuliner khas Lombok ini. biasanya beberuk terong disajkan bersama dengan Plecing Kangkung dan Ayam Taliwang.

Itulah beberapa makanan khas Lombok yang mesti anda coba. Semoga menambah referensi jenis makanan khas Lombok yang lezat dan menggugah selera.

Subscribe to receive free email updates: