4 Jenis Makanan Khas Jawa Timur

4 Jenis Makanan Khas Jawa Timur – Jawa Timur memang tak hanya terkenal akan pesona keindahan alamnya. Akan tetapi, wajah kuliner nusantara ada di provinsi Jawa Timur. Banyak para pelancong mancanegara yang justru menyambangi Jawa Timur untuk mencicipi ragam kuliner yang khas. Hal ini merupakan bukan suatu alasan tertentu karena Jawa Timur selalu bisa menyuguhkan aneka masakan yang lezat dan enak di mata wisatawan.

Kendati demikian, setiap daerah yang ada di wilayah Jawa Timur tentunya memiliki cita rasa khas masing-masing. Karena itulah, sebagai penikmat kuliner anda harus pintar-pintar menandangi daerah yang sekiranya memiliki masakan khas lokal unik. Jangan sampai pula anda lewatkan beberapa jenis makanna khas Jawa Timur seperti ulasan berikut ini.

Inilah Jenis Makanan Asli dari Jawa Timur

1. Rawon

Pernahkah anda memakan rawon? Makanan ini sangat terkenal seantero Jawa Timur yang biasanya dihidangkan pada acara pernikahan. Kuah bumbu yang berwarna coklat agak kehitaman menjadi ciri khas dari masakan rawon. Rupanya warna kuah tersebut didapat dari kluwek yang merupakan bahan untuk membuat rawon. Umumnya rawon akan disajikan bersama dengan nasi putih, kerupuk dan bawang gorwng. Namun ada pula yang menambahkan sayuran, tauge, daging sapi, serta potongn telur sebagai pelengkap makanan sehingga semakin enak dan nikmat.

2. Bakso Malang

Mungkin anda sering mendengar bakso Malang, maka jangan lewatkan mencicipi kuliner tersebut saat tiba di Jawa Timur. Bakso Malang memang menjadi primadona makanan jenis bakso di seluruh nusantara. Hal ini karena rasa bakso dari Malang sangat berbeda dengan jenis bakso lainnya. Pastikan anda akan ketagihan saat mencoba Bakso Malang karena cita rasa yang enak dan lezat. Anda tak usah khawatir untuk menemukan Bakso Malang, lantaran sudah banyak ditemukan disetiap sudut kota di Jawa Timur.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan ikon wisata kuliner khas Surabaya. Cingur sendiri sebutan untuk mulut sapi. Nah, cingur tersebut nantinya dicampurkan dengan aneka buah rujak sehingga dinamakan sebagai rujak cingur. Beberapa buah rujak yakni mangga, nanas, kedondong, dan bengkoang. Demi menambah cita rasa rujak cingur, biasanya ditambahkan dengan rebusan kangkung, kacang panjang, taoge, tahu, tempe, dan lontong. Kemudian bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan dengan bumbu rujak yang dibuat dari cabai, gula merah, kacang tanah, garam, petis dan asam jawa yang khas.

4. Lontong Balap

Satu lagi makanan asli Jawa Timur yang harus anda coba adalah lontong balap. Nama makanan ini memang sangat unik, karena dulunya dijual dengan pikulan gentong tanah liat. Akibat  para penjual merasa berat sehingga harus cepat-cepat berjalan, sehingga terkesan sedang balapan dan jasdilah makanan lontong balap. Namun sekarang ini, lontong balap dijual di warung atau rumah makan. Adapun sajian dari lontong balap seperti lontong, tahu, tauge, dan lentho yang disiram kuah, serta sate kerang, sambal, kecap, dan bumbu khas.

Itulah ulasan singkat mengenai Jenis Makanan Khas Jawa Timur. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: