5 Jenis Makanan Khas Jawa Tengah

5 Jenis Makanan Khas Jawa Tengah – Berlibur ke Jawa Tengah, maka belum lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner daerah tersebut. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang sangat berharga karena belum tentu makanan khas Jawa Tengah bisa ditemukan dimana-mana. Selain itu, anda pun akan mendapatkan kelezatan dari makanan itu sendiri. Dengan begitu mampu menjadi pengganjal perut saat sedang lapar.

Di wilayah Jawa Tengah, rupanya banyak pecinta kuliner yang berkeliaran. Pasalnya mereka sengaja mencari makanan khas jawa yang diolah dengan bumbu-bumbu tradisional. Maka tak heran jika masakan tersebut sedikit berbeda dengan makanan di daerah lain. Berikut beberapa jenis makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah.

Ini Dia Makanan Asli Jawa Tengah

1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan merupakan makanan yang berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Sebetulnya tempe mendoan hampir sama seperti tempe goreng biasa yang diselimuti dengan tepung. Namun mendoan sendiri artinya adalah memasak menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga tempenya tidak terlalu matang. Anda tak perlu khawatir untuk mencari tempe mendoan, karena sudah banyak orang yang menjualnya.

2. Nasi Liwet
Nasi liwet adalah salah satu makanan khas Solo yang rasanya sangat enak dan mengenyangkan. Nasi liwet tersebut disajikan dengan potongan ayam dan terkadang menggunakan labu siam. Sebetulnya cara memasak nasi liwet sama halnya membuat nasi uduk. Dimana dimasak menggunakan beras dan santan dari kelapa yang ssudah tua agar rasanya semakin gurih. Pastikan anda akan menemukan nasi liwet di setiap sudut Kota Solo.

3. Enting-enting Gepuk
Selanjutnya adalah makanan enting-enting empuk asli dari daerah Salatiga. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk dan kemudian dipadatkan. Namun sebelumnya sudah dicampur bersama gula jawa terlebih dahulu, sehingga semua bahan menyatu dan menjadi enting-enting yang manis dan juga sangat gurih. Enting-enting merupakan makanan yang pernah diiklankan dengan nama ting-ting.

4. Soto Bumbu

Sudah pernah memakan soto bumbu? Cobalah bertandang ke Jepara untuk menikmati masakan khasnya. Meskipun soto ini terlihat seperti soto ayam biasa, namun di dalam soto bumbu terdapat beragam isian seperti babat, usus, dan daging sapi serta olaha kuahnya tanpa menggunakan santan. Jika anda ingin mencicipinya, bisa menilik ke beberapa warung di Jepara, terutama di kawasan Kecamatan Tahunan dan Kecamatan Mayong.

5. Mie Ongklok

Satu lagi makanan khas Jawa Tengah yang sayang dilewatkan yakni Mie Ongklok. Jika anda  bertandang ke kawasan Dieng, Wonosobo maka akan banyak menjumpai mie ongklok. Kuliner mie tersebut sebetulnya mie rebus yang diracik dengan kol dan potongan daun kucai. Namun kuah dari mie ongklok menggunakan kanji, sehingga lebih kental dari pada kuah mie biasanya. Biasanya mie ongklok paling enak dinikmati dengan tempe kemul.

Mungkin hanya itu saja Jenis Makanan Khas Jawa Tengah yang patut anda coba. Jangan lupa membawa oleh-oleh daerah tersebut, seperti telur asin asal Brebes atau gethuk sokaraja asli dari Jawa Tengah.

Subscribe to receive free email updates: