Inilah Keindahan Wisata Pulau Bangka Belitung

Inilah Keindahan Wisata Pulau Bangka Belitung – Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Apalagi pesona wisata baharinya yang sangat menawan hati. Kebanyakan pantai yang menawarkan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai. Sebetulnya Bangka Beliting merupakan gabungan dari dua buah kepulauan yakni Bangka dan Belitung.

Keberadaan Bangka Belitung yang terletak di kepulauan seluas 470 buah pulau dan hanya 50 pulau yang telah berpenghuni. Bukan hanya itu, daerah kepulauan yang terkenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Nah, berikut ini adalah beberapa keindahan wisata pulau Bangka Belitung yang menakjubkan dan menawan.

Destinasi Wisata Pulau Bangka Belitung

1.Gunung Menumbing
Gunung Menumbing

Gunung Menumbing merupakan salah satu tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta pada tahun 1948-1949. Keberadaan gunung tersebut di daerah Mentok arah Barat, Laut Bangka, dengan ketinggian 355 meter di atas permukaan laut. Tak hanya itu, di kawasan ini terdapat wisma yang menjadi tempat diasingkan Prokalamator RI dan hingga kini kondisinya masih tetap terawat. Konon wisma ini dijaga oleh keluarga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta sampai generasi ke generasi awal memiliki tanggung jawab Bung Karno dan Bung Hatta.

2. Pulau Memperak
Pulau Memperak

Kini saatnya anda menyambangi Pulau Memperak yang termasuk pulau terindah di Belitung. Bahkan memiliki pesona pulaunya yang sangat memikat hati. Lokasi pulai ini di Kabupaten Belitung Timur yang menyuguhkan keindahan air laut yang biru kehijauan dan bersih. Menikmati panorama alam bawah laut di Pulau Memperak juga sayang dilewatkan begitu saja. Hal inilah yang menjadikan pulau tersebut sebagai tempat snorkeling di Bangka Belitung yang menawan. Apalagi pulau ini sangat sepi dan yang tinggal di sini hanyalah penjaga pulau. Sebaiknya anda membawa bekal makanan sendiri dan air minum cukup.

3. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

Selanjutnya adalah Pantai Tanjung Kelayang yang berada di kawasan 27 km dari pusat kota Tanjungpandan di Bangka Belitung. Bebatuan granit yang cukup menawan mampu membentuk formasi kepala burung, dan hamparan pasir putih bersih sehingga sangat mempesona dari keindahan panorama pantai.  Menariknya di daerah pantai ini kerapkali diadakan berbagai penyelenggaraan event akbar maritim Internasional sebagai salah satu bentuk kebanggaan wisata bahari di Bangka Belitung.

4. Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk

Satu lagi pesona wisata alam di Bangka Belitung yang menyuguhkan keindahan bahari. Pantai Penyusuk terletak di Bangka bagian utara yang memiliki tumpukan batu granit sehingga mampu membentuk sebuah ceruk pantai. Menariknya lagi pepohonan hijau yang tumbuh di pesisir pantai serta empat buah pulau yang berjajar indah. Wisata bahari Pantai Penyuduk juga menawarkan ombak laut cukup tennag. Dengan begitu anda bisa melakukan berbagai kegiatan pantai, seperti berenang dan bermain di air laut. Namun jika anda ingin singgah di pulau-pulau di kawasan pantai, maka bisa menyewa perahu nelayan.

Bagaimana, anda tertarik untuk bertandang ke Pulau Bangka Belitung? Pastikan anda mengajak teman-teman dan sanak keluarga untuk berlibur agar semakin mengesankan dan menyenangkan.

Subscribe to receive free email updates: