4 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

4 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi – Belakangan ini Kabupaten Banyuwangi memang menjadi banyak perbincangan kalangan wisatawan. Betapa tidak pesona wisata alamnya yang cukup melimpah dan tersembunyi, sehingga masih jarang dijamah para pelancong. Maka tak heran keadaan tempat wisata di Banyuwangi terbilang alami dan bebas dari berbagai polusi udara.

Keberadaan Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa rupanya memiliki luas yang besar. Karena itulah, anda membutuhkan waktu yang banyak untuk bisa menelusuri setiap sudut kota. Letaknya yang cukup jauh dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya yang akan menguras energi dan budget. Berikut ini tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi wisatawan.

Destinasi Wisata Yang Sayang Dilewatkan di Banyuwangi 

1. Pantai Plekung G-Land
Pantai Plekung G-Land

Pantai Plekung atau G-Land yang merupakan destinasi wisata paling favorit wisatawan dari berbagai mancanegara. Pasalnya tempat ini salah satu destinasi wisata surfing terbaik di dunia berkat gulungan ombak yang sangat besar. Maka tak heran G-Land menjadi idaman dunia para surfer internasional dengan ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Biasanya peselancar akan datang ke pantai ini pada bulan-bulan tertentu antara April hingga Agustus, guna mendapatkan ombak terbaik di Pantai Plekung.

2. Baluran
Baluran

Baluran adalah hamparan savana terluas di Pulau Jawa yang suasananya hampir sama seperti di Afrika. Hanya di Baluran inilah, anda akan menyaksikan ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, merak jantan yang melebarkan ekornya, hingga puluhan kerbau besar berkeliaran. Menariknya lagi terdapat pepohonan khas Baluran yang mirip dengan pohon pinang dan konon hanya berbuah sekali seumur hidup sebanyak 1 ton untuk selanjutnya mati. Oleh karena itu, jangan lewatkan memotret setiap moment indah di Baluran.

3. Rowo Bayu
Rowo Bayu

Rowo Bayu termasuk sebuah rawa yang masih ditumbuhi oleh tanaman asri dan kawasan hutan lindung. Di tempat wisata ini terlihat cukup asri sehingga menjadikan satwa dan fauna banyak populasinya. Keberadaanya di daerah hutan petak 8, tepatnya Dusun Sambung Rejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Lokasi Rowo Bayu yang berada di ketinggian 800 mdpl, sehingga udara sangat sejuk dan menyegarkan. Di salah satu pinggir telaga tersebut rupanya terdapat petilasan n Raja Blambangan Tawang Alun ketika bersemedi merenungi kematian kedua adiknya.

4. Air Terjun Kalibendo
Air Terjun Kalibendo

Satu lagi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat pergi ke Banyuwangi adalah Air Terjun Kalibendo, letaknya di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi atau di Kaki Gunung Ijen. Jika dari Kota Banyuwangi maka hanya berjarak 15 km ke arah barat daya. Ketinggian air terjun mencapai 10 meter dan berada di dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo. Bahkan di sekitarnya banyak ditemukan perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Anda bisa melakukan kegiatan menarik, seperti berpiknik atau berenang ke kubangan air terjun.

Itu dia Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi. Jangan lewatkan untuk berwisata kuliner khas Banyuwangi yang enak dan lezat, sehingga suasana liburan semakin menyenangkan. Selamat berlibur.

Subscribe to receive free email updates: