Taman Nasional Baluran, Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa

Taman Nasional Baluran, Eksotisme Afrika Di Pulau Jawa – Tidak perlu jauh – jauh bersambang ke Afrika untuk berkunjung menikmati indahnya pemandangan padang savana, dengan satwa asli disekitarnya. Ternyata cukup di Jawa Timur saja, anda akan mendapati sebuah taman Nasional ala Afrika yang menarik untuk dikunjungi. Suasana alam ala Afrika akan sangat nampak dengan hutan keringnya yang memiliki padang savana yang luas, dan juga suasana cuacanya yang akan membuat siapapun yang mengunjunginya berdecak kagum.

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu pilihan objek wisata yang lokasi tepatnya berada Situbondo, hingga Banyuwangi sebelah utara, dan disebelah utaranya sendiri sudah berbatasan langsung dengan Selat Madura, serta untuk sebelah timurnya sendiri sudah berbatasan dengan Selat Bali. Taman Nasional yang ada di antara Gunung Baluran ini, juga diapit oleh Gunung Ijen dan juga Gunung Semeru, yang akan memberikan pemandangan alam menawan, yang akan dibahas lebih lanjut lagi berikut ini.

Wisata Taman Nasional Baluran 

1. Pemandangan dan kondisi Taman Nasional Baluran
Pemandangan dan kondisi Taman Nasional Baluran

Destinasi wisata yang satu ini, merupakan salah satu taman nasional yang terkenal akan Padang Savananya yang khas. Seolah berada di dataran Afrika, memang sangat terasa di Taman Nasional ini. rusa yang berlarian di padang savana, hingga para merak yang hidup bebas, serta aneka satwa lainnya seperti monyet, hingga gajah dan elang, hidup bebas dan berdampingan di padang savana Taman Nasional Baluran ini. tentu saja menjadi pemandangan alam yang menawan, dan jarang anda temui di daerah lain di Indonesia.

2. Taman Nasional dengan spesies satwa dan tumbuhan yang lengkap
Wilayah Taman Nasional Baluran

Hal lainnya yang menjadikan Taman Nasional Baluran ini sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk disambangi adalah koleksi satwa hingga tumbuhannya yang lengkap. Setidaknya ada sekitar 26 jenis mamalia, hingga 155 jenis burung yang hidup bebas di Taman Nasional ini. selain itu, aneka tumbuhan dengan berbagai spesies mampu dengan baik beradaptasi pada hutan yang memiliki kondisi kering ini, dan menjadi salah satu Taman Nasional tempat vegetasi tumbuhan. Memang, untuk iklimnya sendiri, cenderung kering, dengan tingkat kelembapan hingga 77 persen.

3. Lokasi terbaik untuk fotografi
Satwa Taman Nasional Baluran

Anda yang memiliki kecintaan pada dunia fotografi, maka taman nasional yang berada di Jawa Timur ini, merupakan salah satu lokasi terbaik untuk fotografi, dengan latar belakang padang savananya yang luas. selain itu, foto yang dramatis dan berkualitas tentu akan anda dapati dengan landscape seperti berada di Afrika. Pemandangan alam hutan mangrove dan juga spot sunrise yang menawan di area pantainya, akan membuat liburan anda di Taman Nasional ini kian berkesan.

4. Tips berlibur ke Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran yang Indah

Nuansa eksotis ala Afrika memang menjadi salah satu unggulan dari Taman Nasional Baluran ini, dimana sebagian besar Taman Nasional yang ada di Indonesia lokasinya berciri khas iklim tropis, namun berbeda dengan Taman Nasional Baluran yang memiliki iklim kering. Tips untuk anda yang ingin bersambang, ada baiknya pada bulan Maret hingga Agustus, atau Juli hingg Agustus, dimana anda akan melihat aneka rusa dan monyet hingga merak berkeliaran bebas di padang savana. Camping ground juga tersedia untuk adna yang ingin berkemah menghabiskan waktu liburan di Taman Nasional Baluran.

Nah, bagaimana, menarik bukan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi liburan ala Afrika di Taman Nasional Baluran ini. selamat berlibur, dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: