5 Tempat Wisata di Solo Yang Paling Populer

5 Tempat Wisata di Solo Yang Paling Populer – Kota Solo atau lebih dikenal sebagai nama formal sebagai Kota Surakarta memang terkenal dengan budaya masyarakatnya yang ramah. Kekayaan budaya maupun kuliner Solo membuat kota ini tersohor di Indonesia yang telaknya di Provinsi Jawa Tengah.

Kota Solo juga tak jauh dari Kota Yogyakarta sehingga terbilang mudah untuk aksesbilitas jika ingin menyambangi kota tersebut. Saat berada di Kota Solo, pastikan akan menjumpai berbagai tempat wisata menarik layaknya kota di sekitarnya.

Mulai dari wisata sejarah, wisata alam pegunungan, wisata kota, wisata kuliner, hingga wisata belanja dapat ditemukan di sini. Sayangnya karena letak geografis Solo yang berada  di tengah-tengah, membuatnya tidak memiliki alam pantai. Adapun tempat wisata di Solo yang paling populer adalah sebagai berikut.

Beberapa Objek Wisata Yang Terkenal di Solo


1.Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Pada jaman dahulu, Keraton Solo merupakan kerajaaan Mataram yang termasuk cikal bakan Kota Surakarta atau Solo. Pakubuwono III sebagai pemimpin Kota Solo mendirikan keraton ini sejak tahun 1744, sehingga tempat tersebut sangat menyimpan banyak nilai sejarah tentang Solo. 
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Ada hal yang unik saat melihat Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat yakni terinspirasi dari Eropa dan Jawa dengan nuansa putih dan biru.

2. Kebun Binatang Taru Jurug
Kebun Binatang Taru Jurug termasuk objek wisata kebanggan warga Solo. Di kawasan ini terdapat banyak pohon-pohon besar nan rindang, sehingga tidak akan khawatir dari cuaca panas. 
Kebun Binatang Taru Jurug

Berbagai koleksi binatang yang bisa dilihat seperti Harimau Sumatera, ular, komodo, iguana, kuda, landak, dan lain sebagainya. Jika anda jalan-jalan ke Solo, cobalah mampir sejenak ke kebun binatan ini yang terletak di Jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres.

3. Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu memang objek wisata yang paling terkenal di Kota Solo. Keindahan dan kesejukan dari air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi di kawasan tersebut telah banyak didirikan villa, penginapan, restoran, dan fasilitas lainnya. 
Grojogan Sewu Tawangmangu

Namun ada hal unik saat bekunjung ke Grojogan Sewu Tawangmangu, karena terdapat banyak kera yang berkeliaran dan anda  pun bisa menikmati sate kelinci di sana.

4. Museum Manusia Purba Sangiran
Museum Manusia Purba Sangiran menyimpan berbagai koleksi fosil-fosil manusia purba. Ada terdapat fosil manusia purba yang berumur lebih dari ratusan tahun, bahkan jutaan tahun lalu. 
Museum Manusia Purba Sangiran

Karena di dalam museum ini banyak dijumpai manusia purba, sehingga diklaim sebagai museum fosil terlengkap di Asia. Pasalnya bukan hanya fosil, di musume ini terdapat pula fosil hewan, tumbuhan, batu, dan alat-alat yang digunakan manusia purba.

5. Taman Balekambang
Taman Balekambang yang telah berdiri sejak tahun 2008 dan telah dijadikan sebagai tempat rekreasi maupun taman edukasi. Biasanya para pengunjung yang datang ingin mendapatkan  hal tentang lingkungan. 
Taman Balekambang

Bahkan mengenai berbagai jenis tanaman langka yang ditawarkan di Taman Balekambang. Adapun luas dari taman ini hingga mencapai 10 hektar dan berada di Jalan Ahmad Yani, Solo, Jawa Tengah. 

Itulah 5 tempat wisata di Solo yang paling populer tahun 2017 ini. Jadi jika anda akan berkunjung ke Solo jangan lupa untuk ke tempat wisata yang sudah dibahas diatas. Selamat berlibur..

Subscribe to receive free email updates: