13 Objek Wisata Paling Menarik di Surabaya

13 Objek Wisata Paling Menarik di Surabaya. Salah satu pesona yang dimiliki tempat wisata di Surabaya adalah pengunjung bisa memperoleh banyak pengetahuan sejarah di kota Surabaya. Surabaya yang memiliki julukan kota Pahlawan ini, sebuah sebuta ketika masa revolusi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pertempuran hebat antara rakyat Surabaya dan tentara penjajah.

Nama Surabaya sendiri pada mulanya di era Majapahit, yaitu sebuah sebutan untuk sebuah sebutan wilayah geografis yang memiliki mitos masyarakat lokal telah bertarung hebat antara Sura yang artinya hiu dan Baya yaitu buaya untuk memperoleh pengakuan sebagai hewan terkuat yang pernah diramalkan oleh Jayabaya.

Pesona tempat wisata di Surabaya juga bisa ditemukan pada berbagai macam jajanan kulinernya. Di Surabaya sendiri pengunjung dapat menemukan berbagai macam makanan yang menarik dan lezat di kota ini. untuk saat ini Surabaya sudah menjadi sebuah kota industri modern, dan sebagai pusat perekonomian dan bisnis di Jawa Timur. Tempat wisata Surabaya sendiri merupakan bagian unik yang memperkaya kota Surabaya dalam banyak hal. Berikut ini beberapa daftar objek wisata paling menarik di Surabaya untuk dikunjungi. Pengunjung bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata menarik ini.

1. Patung Buddha Empat Wajah
Tempat wisata Surabaya ini berupa patung tertinggi di Indonesia yang sudah tercatat MURI. Di tempat ini pengunjung dapat menjumpai Patung Buddha Empat Wajah yang berada di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, yaitu salah satu pantai di kota Surabaya yang terkenal dengan produk perikanan dan tempat nongkrongnnya yang menarik.
Patung Buddha Empat Wajah Surabaya
Bangunan dari Patung Budha Empat Wajah ini dikeliling oleh 4 pilar, yaitu pilar hijau atau emas  dan terdiri dari 3 bagian yaitu stupa, patung Budha dan singgasana Budha. Patung ini memiliki kemiripan dengan patung Budha yang ada di tempat wisata Bangkok, yaitu terdiri dari wajah perdamaian dan kesehatan,  wajah hubungan baik, keberuntungan dan perlindungan terhadap kejahatan.

2. Masjid Agung Al-Akbar Surabaya
Masjid ini memiliki interior desain yang dihiasi dengan ukiran hias dan kaligrafi, didalamnya sangat dominan menghiasi dinding – dinding masjid. 
Masjid Agung Al-Akbar Surabaya
Hal inilah yang menjadi objek wisata di Surabaya yang diminati oleh pengunjung yang berkunjung ke Surabaya. Pengunjung yang datang biasanya berkeliling area masjid dan melakukan ibadah sholat serta naik ke menara tertinggi masjid.

3. Pusat Sepatu Wedoro
Wedoro terkenal dengan hasil industri sepatunya.  Banyak orang yang berkunjung ke tempat ini sebagai pelanggan setia atas produk sepatu yang dihasilkan tempat ini. di tempat ini menjadi salah satu tempat wisata belanja di Surabaya dengan memiliki lebih dari 210 toko dikawasan pusat sepatu Wedoro. 
Pusat Sepatu Wedoro Surabaya
Berlokasi di Kecamatan Waru – Sidoarjo, yaitu daerah perbatasan Surabaya, desa Wedoro yang saat ini sudah bertansformasi menjadi pusat industri kerajinan sandal dan sepatu.


4. Jembatan Suramadu Surabaya
Jembatan Suramadu menjadi salah satu jembatan diatas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Yang memiliki panjang hampir 5,500 meter, dan termasuk salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. 
Jembatan Suramadu Surabaya
Setelah dibangun, untuk saat ini Jembatan Suramadu sudah menjadi ikon sekaligus menjadi salah satu wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi yang sangat terkenal.

5. Ciputra Waterpark Surabaya
Merupakan suatu wahana wisata air yang terbesar di kota Surabaya yang memiliki luas sekitar 5 hektar. Tempat wisata ini berlokasi di Surabaya Barat.
Ciputra Waterpark Surabaya

Dengan tema menyerupai dongeng Petualangan Sinbad sehinggga membuat pengunjung yang membawa anak – anak mereka pastinya menyukai wahana ini. Selain itu banyak wahana-wahana air lainnya yang sayang untuk dilewatkan pada liburan anda.

6. Kebun Binatang Surabaya 
Salah satu tempat wisata Surabaya yang populer adalah di Kebun Binatang Surabaya. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Setail, yang dulunya menjadi salah satu kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. 
Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya ini termasuk salah satu tempat wisata murah di Surabaya. Banyak keluarga yang menghabiskan waktu liburannya di tempat wisata ini.

7. House of Sampoerna Surabaya
Ketika kamu berkunjung ke Surabaya, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Surabaya adalah House of Sampoerna. Tempat wisata ini merupakan bangunan bersejarah sekaligus museum yang menarik untuk dikunjungi. 
House of Samperna Museum Surabaya

Memiliki bangunan yang bergaya Belanda dan tiang depan yang unik berbentuk rokok. Museum House of Sampoerna ini memiliki berbagai macam koleksi alat pengolah tembakau, foto keluarga, replika kios, alat – alat musik, berbagai jenis pematik dan masih banyak lagi lainnya.

8. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya
Salah satu wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi yang termasuk kategori wisata alam di Surabaya. Tempatnya yang jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menikmati keindahan dan ketenangan alam. 
Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Lokasinya yang berada dekat dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo ini menawarkan keindahan alam yang alami.

9. Monumen Kapal Selam Surabaya
Monumen Kapal Selam ini menjadi salah satu museum yang berada di pusat kota Surabaya. Museum Monumen Kapal Selam menjadi salah satu kapal selam yang sebenarnya. Pada dulunya kapal selam ini menjadi salah satu kapal selam yang ikut serta pada pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda.
Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen ini berlokasi di Jalan Pemuda yang sangat menarik untuk dilihat karena jarang untuk melihat dan masuk ke dalam kapal selam sesungguhnya.


10. Taman Bungkul Surabaya, Taman Terbaik se Asia
Berbicara mengenai kota Surabaya sendiri memang tidak ada habisnya, seperti halnya bericara mengenai taman bungkul yang merupakan salah satu taman terbaik se Asia. Wisata Surabaya ini berada tepat di Jalan Raya Darmo, taman ini menjadi salah satu tempat favorit yang digunakan hanya untuk sekedar berkumpul oleh masyarakat kota Surabaya. 
Taman Bungkul Surabaya

Dengan label sebagai taman terbaik, taman yang ada di Surabaya ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap diantaranya adalah taman bermain anak, tempat jogging, kawasan hijau, arena skeatboard, internet hingga kolam air mancur. 

11. Rumah Batik Surabaya, Berbagai Macam Koleksi Batik
Berbicara mengenai batik, kota Surabaya memang menjadi salah satu kota yang tidak ingin kalah dengan kota batik lainnya seperti Pekalongan dan Solo yang terkenal dengan produksi batiknya. 
Rumah Batik Surabaya Jawa Timur

Di Surabaya sendiri memiliki suatu tempat batik yang memiliki nama Rumah Batik, di tempat wisata Surabaya ini sudah tersedia berbagai macam jenis batik yang dapat dinikmati oleh pengunjung ketika datang ke Rumah Batik ini sebagai salah satu wisata menarik di Surabaya. Total batik yang ada di Rumah Batik ini memiliki sekitar lebih dari 2000 lembar batik dengan motif dan corak yang berbeda – beda yang berasal dari berbagai kota yang ada di Indonesia.

12. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran


Surabaya juga memiliki pantai indah dan menawan, yaitu Pantai Kenjeran yang digemari sebagai lokasi nongkrong favorit anak muda Surabaya. Pantai Kenjeran memiliki ombak yang tidak terlalu besar, serta pemandangan sunrise yang khas. Dermaga yang dibangun disekitar pantai menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto atau sekedar bersantai menikmati semilir udara pantai yang sejuk.

13. Taman Buah Undaan
Taman Buah Undaan

Replika buah mulai dari yang berukuran besar hingga kecil tersedia di Taman Buah Undaan ini. suasana hijau yang segar serta pemandangannya yang cantik menjadikan banyak pengunjung betah bersambang di Taman Buah Undaan ini. selain itu air mancur yang berada di tengah taman semakin membuat taman buah Undaan terlihat asri dan alami.

Itulah 13 objek wisata paling menarik di Surabaya yang bisa kamu jadikan destinasi wisata ketika berkunjung ke Surabaya. Tidak heran bukan jika Surabaya banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung kesana.

Subscribe to receive free email updates: