Daftar Tempat Wisata Sejarah Terkenal di Surabaya

Daftar Tempat Wisata Sejarah Terkenal di Surabaya. Pada kesempatan kali ini artikel yang ditulis brrrwisata adalah tentang tempat wisata sejarah yang berada di Kota Pahlawan yaitu Surabaya.

Surabaya menjadi salah satu kota yang terkenal dengan julukan kota Pahlawan yang berada di provinsi Jawa Timur. Kota Surabaya ini sudah ada sejak jaman penjajahan yang seakan menjadi saksi bisu kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal ini tentunya tidak lepas dari perjuangan arek – arek Surabaya yang melawan penjajah dengan semangat yang membara. Oleh karenanya, Surabaya memiliki berbagai macam bangunan – bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata di Surabaya. Berikut ini beberapa tempat wisata bersejarah yang ada di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi.

Jembatan Merah Surabaya
Tempat wisata bersejarah di Surabaya selanjutnya adalah di Jembatan Merah. Pada dahulunya tempat ini merupakan tempat bagi para pedagang dari berbagai negara seperti Eropa, Arab dan Cina untuk melakukan transaksi jual beli dan bersinggah disini. Jembatan Merah ini pada dulunya digunakan sebagai jalur transportasi VOC. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat terjadinya sebuah pertempuran antara para arek – arek Suroboyo dengan para pasukan Brigjen Mallaby.
Suasana di Jembatan Merah Surabaya
Tempat wisata Surabaya yang bersejarah ini pada dulunya hanya menggunakan pagar kayu sembagai pembatasnya, dan untuk saat ini sudah menggunakan pagar besi. Walaupun demikian warna merah pada pagar pembatas masih tetap digunakan untuk mengenang peristiwa bersejarah pertumpahan darah yang terjadi pada masa silam.

Museum Mpu Tantular Surabaya
Wisata Surabaya yang satu ini juga merupakan salah satu wisata sejarah di Surabaya. Pada museum ini memiliki berbagai macam koleksi barang – barang peninggalan bersejarah terutama barang – barang kerajaan pada zaman dahulu. Terdapat sekitar 1.500 koleksi barang bersejrah dari berbagai kerajaan Hindu, Budha maupun Islam.
Gerbang Museum Mpu Tantular Surabaya
Museum yang dibuka sejak pagi sampai sore ini memiliki tarif yang sangat murah dan termasuk salah satu wisata murah di Surabaya. Hanya membayar tiket masuk, pengunjung langsung sudah dapat menikmati suasana jaman kerajaan dulu.

Monumen Jendral Soedirman Surabaya
Monumen ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso Surabaya. Monumen ini diperuntukkan sebagai tempat wisata sejarah di Surabaya untuk mengenal Jendral Sudirman dalam kegigihannya untuk melawan para penjajah.
Patung Jendral Soedirman Surabaya
Jendral Sudirman sendiri merupakan seorang pemimpin militer pada masa perang. Jendral Soedirman merupakan pahlawan Indonesia yang terkenal sekali di telinga masyarakat karena namanya sering disebutkan pada buku sekolah.

Tugu Pahlawan Surabaya
Salah satu bukti sejarah dari peristiwa 10 November pada waktu lalu adalah sebuah tugu yang diberi nama sebagai Tugu Pahlawan. Wisata Surabaya ini dibangun untuk mengenak peristiwa bersejarah tersebut. peristiwa 10 November sendiri adalah sebuah peristiwa perlawanan arek – arek Suroboyo untuk mengusir para penjajah dari Surabaya.
Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu bersejarah di Surabaya ini sekarang menjadi tempat wisata sejarah di Surabaya yang sangat terkenal dan sekaligus menjadi salah satu warisan budaya di kota Surabaya bahkan di Indonesia.

Itulah beberapa tempat wisata sejarah di Surabaya yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke kota Pahlawan ini. Untuki tempat wisata lainnya dapat anda lihat pada artikel brrrwisata lainnya.

Subscribe to receive free email updates: