Wisata Menara Eiffel, Pengenalan, Sejarah Dan Semua Tentang Eiffel

Wisata Menara Eiffel, Pengenalan, Sejarah Dan Semua Tentang Eiffel. Jika kita memikirkan Negara Perancis, yang terlintas dipikiran kita biasanya adalah Negara mode, pakaian bagus dan unik berada, dan bagi pecinta sepakbola disana terdapat club sepak bola seperti Paris St Germain. Namun bagi kita yang menyenangi travel jalan-jalan maka yang terlintas pada pikiran adalah Kota Paris dengan Menara Eiffel.

Menara Eiffel merupakan salah satu ikon dari Negara Perancis. Menara ini terkenal diseluruh dunia. Hampir semua orang tau akan menara Eiffel. Namun apakah anda sudah mengetahui mengenai sejarah berdirinya Eiffel? Jika belum mari kita simak artikel ini bersama-sama.

Apa itu Menara Eiffel ?
Menara Eiffel marupakan bangunan tertinggi di Kota Paris dan merupakan salah satu bangunan yang sangat terkenal di Dunia. Nama Eiffel didapat dari nama perancangnya yaitu Gustave Eiffel. Menara Eiffel memiliki ketinggian tertinggi yaitu antenna puncak, tinggi sekitar 324 meter.
Menara Eiffel (image: Benh LIEU SONG)

Menara Eiffel memiliki bobot besi sebesar 7.300 ton dengan total keseluruhan berat adalah sekitar 10.000 ton. Uniknya bangunan ini dapat menciut menjauhi matahari dikarenakan temperature yang panas, hal ini terjadi dikarenakan pemuaian besi karena panas matahari. Menara Eiffel juga dapat berayun-ayun dikarenakan terpaan angin jika sedang dalam kondisi cuaca berangin.

Sejarah Pembangunan Menara Eiffel
Menara Eiffel dibangun pada tahun 1887 sampai 1889 untuk merayakan 100 tahun Revolusi Perancis. Awalnya Menara Eiffel akan di bangun di Barcelona, namun pihak yang bertanggung jawab di balai Kota Barcelona menganggap bentuk menara yang akan dibangun aneh, selain itu memerlukan dana yang banyak untuk membangunnya. Setelah itu barulah Gustave Eiffel menawarkan untuk membangun di Perancis (Paris) dan disetujui. Bangunan ini-pun dibangun setahun kemudian.

Menara Eiffel diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Sedangkan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 6 Mei. Menara Eiffel sebagai pintu masuk Pameran Dunia pada saat itu. Dibangun oleh 300 pekerja. 

Namun pembangunan Menara Eiffel banyak menuai kritik dari masyarakat dengan berbagai alasan seperti menganggu pemandangan mata. Bahkan Menara Eiffel yang hanya memiliki izin berdiri selama 20 tahun ini rencananya harus dibongkar pada tahun 1909. Namun pada akhirnya tidak jadi dibongkar karena ternyata menguntungkan dari segi komunikasi dan bahkan digunakan militer pada Pertempuran Marne Pertama dan Eiffel berhasil menjadi monument kemenangan dalam perang tersebut.
Pemandangan Kota Paris Dari Menara Eiffel (image: Armin Hornung)

Maksud Dibalik Bentuk Menara Eiffel
Menara Eiffel dibangun dengan bentuk sedemikian dikarenakan Eiffel dan tim insinyurnya dikenal sebagai pembangun jembatan, maka mereka paham betul mengenai hukum bangunan terhadap efek tiupan angin. Dibawah ini merupakan pernyataan Gustave Eiffel pada surat kabar Perancis Le Temps pada tanggal 14 Februari 1887.

Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan. Gustave Eiffel

Terdapat 72 Nama ilmuan, insinyur, dan nama orang terkenal di Perancis berada pada Menara Eiffel tersebut. Hal ini sengaja di lakukan Gustave Eiffel untuk menghormati jasa-jasa 72 Nama tersebut.
Nama Pada Eiffel (image: Jean-Pierre Dalbéra)

Demikian artikel yang berisikan informasi seputar menara Eiffel yang berada di Perancis, baik pengenalan tentang Menara Eiffel, maupun sejarah dan maksud dibalik bentuk menara tersebut. Terima kasih telah berkunjung ke brrrwisata.com

Subscribe to receive free email updates: