Tempat Wisata Menarik Di Kebumen

Tempat Wisata Menarik Di Kebumen. Kebumen merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Ibukota dari Kabupaten Kebumen terletak di Kebumen. Luas wilayah dari Kabupaten Kebumen adalah sekitar 1.281 km persegi. 


Pembagian daerah administratif dari Kabupaten Kebumen terdiri dari 26 Kecamatan yang didalamnya meliputi 11 Kelurahan dan 449 Desa. Jumlah populasi penduduk dari Kabupaten Kebumen pada tahun 2015 mencapai sekitar 1.184.938 jiwa yang tercatat oleh BPS. Sedangkan dari jumlah tersebut terdiri atas 590.097 orang laki-laki dan 594.841 orang perempuan.

Kabupaten Kebumen memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. Dibawah ini terdapat daftar tempat wisata di Kebumen. Mari kita simak bersama-sama :

Tempat Wisata Di Kebumen

1. Air Terjun Sawangan Kebumen

Daftar tempat wisata yang pertama adalah Air Terjun Sawangan atau juga di sebut Curug Sawangan. Air terjun yang memiliki ketinggian sampai 50 meter ini memiliki jumlah air yang mengalir yang cukup untuk terus mengalir meskipun pada musim kemarau. Lokasi dari air terjun sawangan terdapat di Dusun Nogosari, Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.
Air Terjun Sawangan (image: satriabanyumasan.blogspot.com)

Jalan menuju air terjun sawangan ini harus melewati jalan setapak yang cukup sempit dan juga naik turun bukit. Untuk masuk ke kawasan air terjun kita harus masuk melewati loket untuk masuk ke Pantai Menganti. Karena tempat wisata tersebut terdapat pada daerah yang berdekatan.


2. Air Terjun Sudimoro Kebumen

Air Terjun Sudimoro terletak di Desa Donorejo, Kenteng, Kabupaten Kebumen. Air Terjun Sudimoro juga biasa disebut Curug Sudimoro. Air Terjun Sudimoro memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Air terjun ini memiliki 4 tingkatan air terjun sehingga membuat mata anda segar untuk melihatnya.

Air Terjun Sudimoro (image: destinasiwisatakebumen.blogspot.co.id)

Untuk mencapai air terjun ini pengunjung harus menggunakan motor dan harus berhati-hati dikarenakan jalanan yang berbatu dan bukit tanjakan yang cukup tinggi. Disarankan untuk datang melihat pemandangan air terjun sudimoro ini pada saat musim hujan karena jumlah air nya akan cukup untuk memenuhi area air terjun.

3. Air Terjun Superman's Big Sister

Air Terjun Superman's Big Sister (image: nirwansyahirwan.files.wordpress.com)
Air Terjun Superman's Big Sister merupakan air terjun atau curug yang terletak di wilayah Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Air terjun ini terletak didalam Goa Barat. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Goa Jatijajar.


4. Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan merupakan arung jeram yang dilakukan di sungai Padegolan. Sungai Pandegolan ini merupakan aliran dari Bendungan Waduk Wadaslintang, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen.
Arung Jeram Padegolan (image: Lihat.co.id)

Kelebihan dari wisata arung jeram Padegolan ini adalah air sungai Padegolan yang jernih karena berasal langsung dari waduk. Sehingga dapat menambah keindahan yang dapat disaksikan sembari beradu nyali dalam olahraga air arung jeram.

5. Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck merupakan wisata sejarah bekas peninggalan penjajahan Belanda. Bangunan yang berumur puluhan tahun ini masih berdiri tegak sampai saat ini. Benteng Van der Wijck berada diwilayah Kecamatan Gombong.
Benter Van der Wijck (image: hiladoe.blogspot.com)
Sejarahnya Benteng Van der Wijck ini merupakan barak militer yang dibangun bertujuan untuk melakukan perlawanan terhadap pasukan Diponegoro. Sebagian wilayah nya menjadi Barak Militar TNI- Angkatan Darat.

6. Bukit Langit Kebumen

Bukit Langit Kebumen merupakan bukit yang menjadi destinasi wisata. Letak dari bukit ini berada di Desa Giripurno, Kecamatan Karanggayam. Daya tari dari bukit Langit Kebumen adalah disini anda dapat melihat keindahan matahari terbit dan terbenam.
Bukit Langit (image: bukitlangitkeren.blogspot.com)
Agar dapat melihat peristiwa indah tersebut lebih baik anda pergi ke bukit ini pada waktu subuh untuk melihat matahari terbit dan sore menjelang petang untuk melihat matahari terbenam.

7. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah (image: atinais22.blogspot.com)
Bukit Pentulu Indah merupakan sebuah bukit yang menjadi tujuan wisata di Kebumen. Letak dari Bukit ini adalah di Desa Hepii, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Sama seperti bukit wisata lainnya. Bukit Pentulu Indah menawarkan pemandangan alam yang indah serta kesejukan khas daerah perbukitan.

8. Bukit Pranji Kebumen

Bukit Pranji (image: blog.reservasi.com)

Bukit Pranji Kebumen merupakan wisata perbukitan yang menawarkan keindahan pemandangan perbukitan serta udara yang sejuk. Bukit Pranji terletak diwilayah Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Tempat wisata ini juga dapat menjadi alternatif tempat camping bagi anda yang menyenangi camping di perbukitan.

9. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Karangsambung (image: karangsambung.lipi.go.id)

Cagar Alam Geologi Karangsambung yang terletak dikawasan Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen ini merupakan salah satu tujuan wisata menarik khususnya bagi anda yang menyenangi keunikan batu-batuan yang terbentuk secara alami. Banyak fenomena batuan yang dapat membuat kita tercengan terdapat didaerah cagar alam ini.

10. Air Terjun Kedondong Kebumen

Air Terjun Kedondong (image: Instagram)

Air Terjun Kedondong merupakan salah satu tempat wisata perbukitan selanjutnya. Lokasi dari air terjun ini terdapat diwilayah Desa Gunungsari, Kecamatan Karanggayam. Air terjun ini belum dikelola secara resmi agar menjadi tempat wisata yang memberikan fasilitas untuk menunjang pengunjung. Namun bagi anda yang suka petualangan tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke air terjun yang memiliki tinggi sekitar 23 meter ini.

11. Air Terjun Plumbon Kebumen

Air Terjun Plumbon (image: ngadem.com)
Air Terjun Plumbon merupakan sebuah air terjun yang terletak diwilayah Dusun Grigak dan Dusun Plumbon, Desa Plumbon, Kecamatan Karang Sambung, Kabupaten Kebumen. Meskipun air terjun ini hanya memiliki tinggi sekitar 15 meter saja, namun air terjun ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Tentunya dapat menyegarkan sekali saat musim kemarau. Tidak salah lagi jika air terjun Plumbon dijadikan alternatif berwisata liburan anda.



Masih banyak terdapat tempat wisata lainnya di Kebumen, antaralain sebagai berikut :
  • Air Terjun Silancur Kebumen
  • Gading Splash Water Kebumen
  • Goa Petruk Kebumen
  • Jemur Adventure Park
  • Obyek wisata Kebumen pantai petanahan
  • Pantai Bocor Kebumen
  • Pantai Karang Agung Kebumen
  • Pantai Karang Bolong Kebumen
  • Pantai Lampon Kebumen
  • Pantai Lembupurwo Kebumen
  • Pantai Logending Kebumen
  • Pantai Menganti Kebumen
  • Pantai Pecaron Kebumen
  • Pantai Surumanis Kebumen
  • Pantai Suwuk Kebumen
  • Pemandian Air Panas Krakal
  • Puncak Gunung Duwur
  • Taman Kota Jenderal HM Sarbini
  • Taman Reptil Kebumen
  • Waduk Sempor Kebumen
  • Wisata Alam Jembangan
  • Wisata Alam Kebumen Goa Jatijajar


Demikian artikel dari brrrwisata yang membahas mengenai daftar tempat wisata yang berada diwilayah Kabupaten Kebumen. Terima kasih telah berkunjung ke brrrwisata.com.

Subscribe to receive free email updates: