Tempat Wisata Di Kalimantan Timur

Tempat Wisata Di Kalimantan Timur. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang daftar tempat wisata yang berada di sebuah Provinsi pada Pulau Kalimantan. Provinsi tersebut adalah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Namun sebelum kita menuju kepada daftar tempat wisata yang berada diwilayah Kalimantan Timur, terlebih dahulu kita akan berkenalan sedikit dengan Provinsi ini.

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Kalimantan. Provinsi yang luas wilayahnya sekitar 129.066 km persegi ini memiliki populasi sekitar 3,6 juta jiwa. Ibukota provinsinya adalah Kota Samarinda. Pada tahun 2012 provinsi ini terbagi menjadi dua yaitu Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Sejarah menyebutkan ada beberapa kerajaan yang terdapat di daerah Kalimantan Timur seperti Kerajaan Kutai, Kesultanan Kutai Kartanegara, dan Kesultanan Pasir. Gubernur Pertama Kalimantan Timur bernama Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, yang namanya di abadikan menjadi nama jalan di daerah gunung lipan samarinda seberang. Jalan APT Pranoto menghubungkan jalan Cipto mangunkusumo dengan jalan Harun nafsi.

Kalimantan Timur memiliki Tiga Klub sepakbola yang masih eksis sampai saat ini, klub-klub tersebut adalah Pusamania Borneo FC, Persiba Balikpapan, dan Mitra Kukar. Bahkan pada Februari - Maret 2016 tengah diselenggarakan turnamen sepakbola Piala Gubernur Kalimantan Timur. Pembekuan PSSI menyebabkan Liga Super Indonesia berhenti digelar. Oleh karena itu turnamen-turnamen kecil cukup memuaskan rasa dahaga pencinta sepak bola Indonesia akan tayangan sepak bola sebagai hiburan.

Terdapat beberapa tempat wisata yang berada di Kalimantan Timur. Salah satunya adalah Pulau Beras Basah. Pulau ini berada dalam wilayah pemerintahan Kota Bontang. Untuk penginapan yang tersedia di bontang bisa lihat disini Hotel / Penginapan Bontang Transportasi untuk ke pulau kecil ini menggunakan kapal kecil dengan menempuh waktu sekitar 20-30 menit perjalanan laut.
Pulau Beras Basah, Bontang

Meskipun hanya pulau kecil, wisatawan tetap banyak berdatangan mengunjungi pulau ini, baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Di Pulau ini biasanya wisatawan menghabiskan waktu untuk berenang dan bermain air, serta bakar-bakar ikan dan ayam lalu makan bersama-sama.

Tempat wisata yang lain adalah Pulau Kumala. Pulau Kumala adalah pulau buatan kecil yang terletak di sungai Mahakam kawasan antara kota Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Pulau ini mulai di buat tahun 2000 dan terputus pada 2006 karena sesuatu kasus.

Pulau yang dulunya semak belukar dan hutan ini memiliki luas wilayah sekitar 76 hektare. Pulau ini dijadikan tempat rekreasi kombinasi antara modern dan tradisional. Pada tahun 2016 ini sedang dibangun jembatan khusus pejalan kaki untuk menuju pulau Kumala dari Kota Tenggarong. 
Tempat wisata lainnya adalah Planetarium Jagad Raya Tenggarong. Di tempat ini kita dapat menyaksikan keindahan digital tentang planet, matahari, bulan, bintang, dan galaxy seisinya di proyeksikan dengan indah. Dibangun tahun 2000 dan resmi dibuka tahun 2002.



Tempat-tempat wisata lainnya yang berada di Kalimantan Timur sebagai berikut :
  • Desa Budaya Pampang
  • Museum Mulawarman
  • Museum Purbakala Muara Kaman
  • Pantai Pangempang
  • Waduk Panji Sukarame
  • Kedaton Kutai Kartanegara
  • Musem Kayu Tuah Himba
  • Air Terjun Tanah Merah
  • Bukit Bangkirai
Dan masih banyak lagi tempat wisata yang ada, baik yang dilestarikan maupun yang masih mentah dan belum dirawat dengan baik. Seandainya dapat dirawat dengan baik, pasti akan menambah potensi wisata yang ada.

Demikian artikel yang berisi tentang Tempat Wisata yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Semoga informasi yang ada diartikel ini berguna menambah wawasan sobat sekalian. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Subscribe to receive free email updates: