Daftar Tempat Wisata Di Papua

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang tempat wisata yang berada disalah satu Provinsi yang terletak diwilayah Timur Indonesia. Provinsi ini bernama Provinsi Papua. Sebelum menuju ke daftar tempat wisata yang berada disana, terlebih dahulu kita akan berkenalan dengan Provinsi ini.

Indonesia merupakan Negara yang memiliki 34 Provinsi. Pada wilayah paling timur Indonesia terdapat Provinsi terbesar yaitu Papua. Papua terletak berbatasan dengan Negara Papua Nugini. Sejak tahun 2003 Papua terbagi menjadi 2 bagian provinsi yaitu Papua dan Papua Barat. Pada artikel ini membahas tentang tempat-tempat wisata yang terdapat di wilayah Provinsi Papua.


Papua memiliki luas wilayah sekitar 309934,4 km persegi. Batas wilayah provinsi ini yaitu Australia terletak dibagian selatan, Papua Nugini dibagian timur, dan provinsi Papua Barat dan kepulauan Maluku dibagian barat. Provinsi yang memiliki hari jadi 1 Mei 1963 ini, beribukota di Jayapura.

Populasi yang berada diprovinsi ini tercatat pada tahun 2002, 52% dari jumlah populasi total 2.831.381 jiwa merupakan penduduk asli Papua, sedangkan 48 % merupakan pendatang. Agama didominasi agama Protestan sebesar sekitar 51,2%, Katolik sekitar 23,42%, Islam sekitar 22%, Hindu sekitar 3%, Budha sekitar 0,13%.

Papua memiliki banyak tempat-tempat wisata yang tersebar diseluruh daerah provinsi.  Diantaranya adalah Taman Nasional Lorentz. Taman nasional ini merupakan taman terbesar di asia tenggara dengan luas wilayah sekitar 25,056 km2. Taman ini merupakan situs warisan dunia UNESCO. Disini terdapat flora dan fauna yang asli dan tidak banyak terjamah. Terdapat 630 jenis burung yang sudah diidentifikasi ditemukan di taman ini. Salah satunya adalah burung pigeon crowned.

Adat-adat yang ada pun masih banyak yang belum menyentuh kebudayaan modern. Suku adat yang mendiami diantara lain adalah Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat.

Selain itu terdapat kabupaten Kaimanan yang memiliki tempat-tempat wisata yang menarik, diantaranya Pulau Adi yang berpotensi agrowisata, jembatan Usaha mina, Pantai Bantemi, dan Jembatan KM14 yang biasa dijadikan tempat melihat matahari terbenam. Terdapat pulau Venu, pulau Kilimala, pulau Karawatu, dan teluk Triton yang merupakan tempat diving wisata bawah laut yang indah.

Kepulauan Raja Ampat salah satu destinasi wisata yang tidak kalah menarik. Terdiri dari pulau-pulau dengan hutan yang masih alami. Dan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Pemandangan Raja Ampat

Kepulauan raja ampat berada di Kabupaten Raja Ampat. Dengan memiliki total 610 pulau. Pulau-pulau besar yang berada di raja ampat antara lain adalah Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. 35 pulau sudah berpenghuni, sedangkan sisanya masih belum berpenghuni dan belum mempunyai nama. Transportasi yang mendukung untuk menuju ke daerah kepulauan raja ampat masih melalui laut.

Selain nama tempat wisata yang telah disebutkan di atas, masih terdapat beberapa tempat wisata yang menarik lainnya yang berada diwilayah Provinsi Papua ini. Berikut daftarnya.

Tempat-tempat wisata yang lainnya antara lain :

  • Taman Nasional Teluk Cendrawasih
  • Pulau Rumberpon
  • Tugu MacArthur
  • Danau Sentani
  • Desa Wisata Sauwandarek
  • Pantai Bosnik
  • Danau Paniai
  • Lembah Baliem
  • Pantai Amai

Demikian artikel tentang tempat wisata yang berada dikawasan Provinsi Papua. Masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang berada disana, namun belum terdaftar pada daftar diatas. Namun akan segera ditambahkan jika ada tempat wisata lainnya. Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda dalam menambah wawasan tentang wisata yang berada di Indonesia. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Subscribe to receive free email updates: