Tempat Wisata Di Kalimantan Tengah

Setelah pada artikel sebelumnya di bahas tentang tempat wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata yang berada di wilayah Provinsi yang berada di Pulau Kalimantan, Provinsi tersebut adalah provinsi Kalimantan Tengah.

Seperti biasa sebelum kita menuju ke daftar tempat wisatanya, terlebih dahulu kita akan berkenalan dengan Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Kalimantan Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan (Borneo). Hari jadi provinsi ini adalah 23 Mei 1957. Provinsi ini berbatasan dengan Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 157.983 km persegi, dengan jumlah populasi sekitar 2.202.599 menurut sensus penduduk 2010. Ibukota provinsi ini adalah Kota Palangkaraya.

Pembagian daerah administratif Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari 13 Kabupaten dan 1 Kota besar. Yaitu Kota Palangkaraya. Suku bangsa yang mendiami provinsi ini terdiri dari Suku Dayak yang merupakan suku mayoritas, yakni sebesar 41,24% dari total penduduk. Suku lainnya seperti Banjar sebesar 24,20%, suku Jawa sebesar 18,02%, serta suku-suku lainnya seperti Madura, Sunda, dan lainnya. Agama mayoritas adalah agama Islam, yakni sebesar 74,31%. Agama lain seperti Kristen sebesar 18,60%.

Keunikan hidup suku Dayak menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tradisi suku Dayak dengan tarian dan pakaian nya yang khas menjadi keunikan yang baik bagi wisatawan. Beraneka ragam tarian seperti Tari Hugo dan Huda, Tari Giring-Giring yang biasanya dilakukan pada upacara adat.

Di Provinsi ini sempat terjadi konflik antar etnis, lebih tepatnya terjadi di Sampit. Tragedi itu terjadi pada tahun 2001. Awal mula yang terjadi hanya di Kota Sampit, namun sepanjang tahun 2001 konflik tersebut menyebar hampir keseluruh daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Militer dan Polisi sempat kewalahan menangani konflik ini, namun pada akhirnya situasi dapat diamankan. Dan kondisi masyarakat di Kalimantan Tengah saat ini sudah damai sehingga para wisatawan dapat berwisata diwilayah provinsi ini dengan tenang.

Tempat wisata yang menarik di Provinsi Kalimantan Tengah salah satunya adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Wisata alam dengan keindahan hutan yang dialiri sungai yang alami mampu menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung sembari melakukan penelitian tentang kehidupan alam diwilayah ini. Disini juga menjadi habitat dari Orang Utan Kalimantan.

Selain itu juga terdapat Pantai Ujung Pandaran, Pantai yang terletak di Kecamatan Kotawaringin Timur ini merupakan salah satu objek wisata yang menjadi salah satu tujuan wisatawan yang datang ke Kalimantan Tengah. Pasir pantai putih yang bersih menjadi daya tarik bagi pantai ini. Terkadang dipantai ini kita akan mendapati masyarakat setempat yang sedang melaksanakan ritual Simah Laut.

Pantai Ujung Pandaran

Ada pula sebuah danau kecil yang cukup menarik untuk dikunjungi, danau tersebut bernama Danau Tahai. Danau ini terletak di Kota Palangkaraya. Dilengkapi dengan pondok dan jembatan penghubung diatas danau sehingga kita dapat menikmati suasana danau dan sekitar nya diatas jembatan dan pondok tersebut.

Selain objek wisata yang telah disebutkan diatas, masih terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang menarik di Kalimantan Tengah ini, diantaranya adalah seperti daftar dibawah ini.

Daftar Tempat Wisata di Kalimantan Tengah :
  • Arboretum Nyaru Menteng
  • Danau Tahai
  • Istana Kuning
  • Kota Air Muara Teweh
  • Nyaru Menteng
  • Pangkalan Bun
  • Pantai Kubu
  • Pantai Ujung Pandaran
  • Rumah Adat Betang
  • Suaka Margasatwa Sungai Lamandau
  • Taman Nasional Bukit Raya
  • Taman Nasional Sebangau
  • Taman Nasional Tanjung Puting

Daftar tempat wisata diatas masih belum lengkap. Kami akan melengkapi nya apabila ada tambahan referensi. Demikian artikel seputar tempat wisata yang berada dikawasan Kalimantan Tengah. Semoga artikel ini juga dapat berguna bagi anda sebagai penambah wawasan tentang wisata yang berada di Indonesia. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Subscribe to receive free email updates: