Tempat Wisata Di Jambi

Masih tentang tempat wisata yang berada disalah satu Provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Provinsi yang akan dibahas pad artikel kali ini adalah Provinsi Jambi. Sambil menuju ke daftar tempat wisata yang berada di wilayah Jambi, mari berkenalan terlebih dahulu dengan Provinsi Jambi itu sendiri.

Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Terletak berbatasan dengan Provinsi Riau, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Sumatera Selatan. Hari jadi provinsi Jambi adalah tanggal 25 Juni 1958. Memiliki ibukota Jambi. Provinsi ini memiliki luas wilayah sekitar 53.435.72 km2. Dengan jumlah populasi sebesar 3.092.265 jiwa, berdasarkan sensus penduduk tahun 2010.

Mungkin dari beberapa sobat pembaca blog ini adalah kelahiran dari Jambi. Atau bisa saja mempunyai keluarga yang berasal dari Jambi, atau bahkan orang tua nya yang merupakan warga asli Jambi. Penduduk Jambi sebagian besar beragama Islam, dengan persentase sebanyak 96,5% dari total keseluruhan penduduk. Suku mayoritas yang ada di Jambi adalah suku Melayu dan Jawa, dengan Melayu sebesar 37,87% sedangkan Jawa sekitar 27,64%, disusul dengan suku Kerinci sebesar 10,56%, dan suku-suku lainnya.

Pada Februari 2016, dilantik seorang Gubernur Jambi yang akan memimpin Provinsi Jambi dalam jangka waktu 5 tahun kedepan. Seseorang tersebut merupakan artis entertainment yang cukup terkenal di industri hiburan Indonesia. Beliau bernama Zumi Zola, yang diwakili oleh Fachrori Umar sebagai Wakil Gubernur yang pada periode pemerintahan sebelum nya juga menduduki kursi Wakil Gubernur hanya saja berbeda Gubernur nya.

Tempat wisata yang berada dikawasan Jambi salah satunya adalah Gunung Kerinci. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Terletak dikawasan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi, membuat Gunung ini menjadi sangat menarik karena dapat melihat pemandangan kota Jambi, Padang, dan Bengkulu apabila berada di puncaknya. Gunung Kerinci memiliki ketinggian sekitar 3.805 m.

Gunung Kerinci

Selain itu di Jambi juga terdapat Danau Kerinci, danau ini terletak di kaki Gunung Rayo, di kabupaten Kerinci, Jambi. Danau yang memiliki luas wilayah sekitar 5000 m2 ini menjadi salah satu tujuan tempat wisata yang digemari. Karena pemandangannya yang indah.

Adalagi tempat wisata yang menarik di Jambi. salah satu nya adalah Candi Muaro Jambi. Tempat ini merupakan situs purbakala, tempat ini adalah sebuah kompleks dari candi-candi yang berasal dari agama Hindu-Buddha. Terletak diwilayah Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro. 

Kompleks Candi Muaro Jambi ini memiliki luas wilayah sekitar 12 km persegi. Dengan panjang sekitar 7 km terbentang dipinggir sungai. Terdiri dari 61 candi yang kebanyakan masih berupa menapo (gundukan tanah). Selain bangunan candi, dikompleks tersebut juga terdapat benda-benda peninggalan seperti Dwarapala, Gajahsimha, Arca Prajnaparamita, Lumpang, dan Umpak Batu.

Selain Gunung Kerinci dan Danau Kerinci, Jambi juga memiliki tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Berikut daftar tempat wisata yang berada di kawasan Jambi :

  • Air Panas Semurup
  • Air Terjun Pancaro Rayo
  • Air Terjun Telun Berasap
  • Candi Muaro Jambi
  • Danau Gunung Tujuh
  • Danau Kaco
  • Danau Kerinci
  • Gunung Kerinci
  • Gunung Tujuh
  • Kebun Binatang Taman Rimbo
  • Kebun Teh Kayu Aro
  • Museum Negeri Jambi
  • Taman Nasional Kerinci Seblat

Demikian artikel yang mencakup informasi seputar tempat wisata yang berada di kawasan Provinsi Jambi. Daftar diatas akan selalu dikembangkan jika kami mendapatkan informasi baru mengenai tempat wisatanya. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan informasi seputar wisata kepada sobat sekalian. Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.

Subscribe to receive free email updates: